5.11.17

METOPEN SUBSIDI ELPIJI 3 KG , SUDAH TIDAK SEHAT

SUBSIDI ELPIJI 3 KG , SUDAH TIDAK SEHAT

Nama                           : Chatu Septiana
NIM                            : 16.310.410.1155
Judul                           :Subsidi Elpiji 3 kg,Sudah Tidak Sehat
Penulis                         : ID (Inisial)
Penerbit                       :Kedaulatan Rakyat
Tanggal Terbit             : Rabu 25 Oktober 201
                Gas elpiji 3 kg masih menjadi  permasalahan ekonomi terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak menjadi permaslahan ekonomi jika di awal pemerintah mengeluarkan gas elpiji 3 kg hanya untuk warga tidak mampu.Namun seiring dengan berjalan nya waktu subsidi gas elpiji 3 kg sudah di gunakan semua golongan masyarakat. Dari warga yang tidak mampu,warga yang memiliki pengasilan cukup,bahkan sudah di gunakan juga oleh para pedagang. Subsidi yang sudah tidak sesuai dengan peraturan pemerintah membuat pemerintah kembali di hadapkan dengan permasalahan ekonomi yang snagat berat.
                Besaran subsidi gas elpiji 3 kg, kini sudah berada dalam kondisi yang tidak sehat.Konversi minyak tanah ke elpiji yang sebelumnya memberikan penghematan anggaran, telah bergeser menjadi bebn.Besaran subsidi elpiji 3 kg sudah melebihi besar subsidi minyak tanah sebelum program ini berjalan.Posisi pemerintah yang berada dipersimpangan jalan, anatara mencabut subsidi elpiji dan membuka ruang subsidi baru memperlihatkan kondisi yang tidak konsisten.Permasalahan gas elpiji ini menjadi salah satu permasalahan pemerintah yang tak kunjung usai. Dimana pemerintah sendiri bimbang jika subsidi ini akan dihapus, jika memang subsidi ini di hapus pasti akan muncul lagi permasalahan yang baru. Permasalaha yang berkaitan dengan subsidi elpiji lainnya.

Hal positif : Dengan adanya subsidi gas elpiji 3 kg bagi masyarakat tidak mampu, setidaknya mereka sudah merasakan mennggunakan gas elipiji yang sebelum nya gas elpiji tidak mampu mereka beli.
Hal negatif : Pemerintah sebaiknya mengkaji ulang penguggunaan subsidi gas elpiji ini karena permasalaha  gas elpiiji ini akan semakin besar masalah perekonomian Indonesia. Gas elpiji 3 kg yang salah sasaran bagi masyarakat dapat di kaji ulang dengan pemerintah.

Sumber : Kedaulatan Rakyat , Rabu 25 Oktober 201

0 comments:

Post a Comment