6.11.17

MASA DEPAN BUNG BESAR --->BUNG KARNO



MASA DEPAN BUNG BESAR

NURUL WIDIASTONI
163104101152
METODOLOGI PENELITIAN
DOSEN PENGAMPU Dr.ARUNDATI SHINTA, MA

 dibaca normal 1 menit

BUNG KARNO.....iya benar siapa sih yang tidak mengenal Bung Karno, seorang tokoh proklamator. Kalau berbicara tentang keindonesiaan sekarang tidak bisa lepas dari bayang-bayang Bung Karno. Bung Karno tidak hanya berhasil memaksa kita menengok masa silam, tetapi juga meyakinkan kita untuk memiliki kesanggupan meneropong masa depan.
            Gagasan-gagasan Bung Karno berhasil menjadi kiblat rujukan politik-kultural indonesia. Paham soekarnolah yang menjadi arus utama sampai hari ini menjadi pegangan manusia indonesia walaupun Soekarno-nya sendiri secara fisik kekuasaanya berhenti tahun 1966 sejak revolusi merangkak yang di lakukan Soeharto dan Angkatan Darat dengan SUPERSEMAR yang sampai saat ini surat aslinya tak karuan entah dimana.
            Menurut penulis yang menjadi Tenaga Ahli UKP-PIP ASEP SALAHUDIN. Bahwa kemerdekaan yang telah mengorbankan nyawa, pikiran,  dan benda tidak boleh kemudian berantakan hanya karena alasan dangkal egoisme setiap agama. Banyak negara-negara di timur tengah hancur hanya karena tidak punya pancasila yang mengikat setiap agama, etnik yang berbeda dan suku bangsa dalam kesepakatan bersama.
            Kemudian mereka mengangkat senjata, membunuh satu sama lain yang mengatas namakan kebenaran parsial yang di yakini setiap kelompok. Mereka berperang berperang untuk menuntaskan dendam masa silam yang di wariskan secara turun temurun. Itu terjadi karena absenya sebuah ikatan yang dapat mempersatukan satu sama lain.
            Kebenaran tudak di bicarakan satu meja dengan kepala dingin dan hujan diskursif , melainkan malah melalui senjata yang memuntahkan peluru yang boleh jadi menyasar rakyat tak berdosa dan tidak tahu apa-apa.
Komentar artikel:
Penulis menggunakan diksi yang sangat bagus sehingga mudah di pahami. Memebicarakan isu-isi terkini tentang pancasila sebaga pengikat bhinneka tunggal ika. Artikel ini bisa membuat pembaca bernostalgia dengan biografi Bung Besar yakni Bung Karno, yang telah berjasa besar dalam pembentukan negara yang berasakan pancasila, yang menghargai berbagai macam perbedaan yang ada. 

Sumber: kompas halaman 6, rabu 01 November 2017 oleh ASEP SALAHUDIN

0 comments:

Post a Comment