6.11.17

KESADARAN MERAWAT ALAM



ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.310.410.1158
PSIKOLOGI UP 45

DOSEN : ARUNDA SHINTA



 
PENG HIJAUAN PULAU GEDE

    Manusia tidak bisa lepas dari alam  kita hidu berdampingan dengan alam sekitar, manusia juga memanfatkan alam sekitarnya entah sebagi sumber makanan atau sumber mata pencarian. Namun kadang kiat lupa bagi mana merawat alam tersebut higga kita tak sadar alam telah mengalami kerusakan oleh perbutan manusia atau karna fenomena alam itu sendiri.
  Sejumlah pulau di kabupaten rembang kondisinya kian memprihatinkan dan tidak terurus, dua pulau yang menjadi andalan wisata rembang tersebut adalah pulau Gede dan pulau  Marogan. kondisi kedua pulau tersebut yang tak terurus diakibatkann adanya abrasi panta yang terjadi di kedua pulau tersebut. dulu era tahun 2000 an masih mencapai 6 hektar , tapi kini hanya tersisa kurang dari 2 hektar akibat abrasi.
  Kendati abarsi dan kerusakn pantai di kedua pulau tersebut telah etrjadi cukup lama namun hingga saat ini belu ada soslusiterbaik untuk mregatasi kejadian ini. Terkait hal ini angota Wartawan Indonesia (PWI) melakukan pembersihan dan penghijaun dengan penanaman mangrove di pantai kedua pualu tersebut .
   Ketua PWI kabupaten rembang Djamal A Grahan,menegaskan pulau gede layak di berdayakan sebagi objek pari wisata ungulan jika ada investor yang ingin membuka resto atau penginapan di pulau tersebut tentu potensi wisata akan lebih mengliat. Angota PWI kota rembang mohamad fadil mengaku senag berpartisipasi mealakukan pengijauan tersebut . dirinya menyampaikan senang berlama-lama di pulau gede dengan peraiaran yang sangat jernih dan tidak terlalau dalam.
   Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang Suharso, menyatakan rasa terimakasih terhadap kepedulian para wartawan yang melakukan peng hijauan yang memjadikan sebagi soslusi jangka pendek. Dengan melakukan peng hijauan di mungkinkan tanah akan terikat dengan akar pohon sehingga tidak mudah terkena abarasi.
Kesimpulan:
   Kesadaran bersama di perluakan untuk menjaga agar pulau atau pantai –pantai di Indonesia tidak rusak yang mungkin saja jika di kelola dengan baik maka dapat menjadi potensi pwisata yang menjanjikan serta menguntungkan bagi warga sekitar . solusi janga oaapanjang juga di perlukan agar kelestarian pantai dapat terjaga.

Kelebihan artikel;
 penulis menyampaikan dengan baik masalah yang di hadapi di kedua puklau di rembang tersebut mengenai abarasai . penulis juga mapmpu mengangkat semangat peng hijauan kepaa pembaca dengan baik.
Kekurangan:
Penulis kurang menjelaskan apa langkah-langakah pemerintah setempat untuk mengatasi masalah ini dan bagai mana dengan masyarakat sekitar yang tinggal di kedua pulau tersebut  tentang abarsi yang terjadi di pulau tersebut
Sumber ; kedaulatan rakyat hal; 14 , 2 november 2017
Judul artikel ; pulau gede kian memperihatinkan , PWI rembang adakan peng hijauan.
Penulis ;(Ags)-g
Di resensi oleh : Asep singgih Wijanarko
                           16.310.140.1158
                           Psikollogiup 45
  Tgl resensi : 5 nov 2017

0 comments:

Post a Comment