7.11.17

ARTIKEL KLIPING WAYANG TOTO ABAD KE-21

WAYANG TOTO ABAD KE-21
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Metode Penelitian
          Pertarungan budaya anatara tradisional dan modern tidak lantas melahirkan pemenang atau pecundang. Hasilnya malah bisa mengundang tawa sekaligus kebigungan. Barang kali disitu posisi kita sekarang. Kondisi itu direfleksikan lewat lukisan yangmenggambarkan tokoh wayang sri saraswati bertangan enam. Tangan tersebut antara lain memegang gitar, telepon pintar, dan computer jinjing. Ini “lari” dari cerita pewayangan tentang sri dengan empat tangannya yang menggenggam benda-benda tentang seni dan ilmu pengetahuan.
          Kehadiran ornament tas mewah dibeberapa lukisan Toto juga membuat orang tersenyum, lalu geleng-geleng kepala. Tokoh wayang limbuk dalam pewayangan dikenal sebagai perempuan abdi dalem kraton dalm lukisan yang diberi judul “shopahotic” digambarkan megandeng tas tas berwarna diempat lengannya”
Kekurangan : toto si pelukis dianggap menyindir konsumen. Banyak manusia yang binggung dengan  level kebutuhan yang berubah-ubah.
Kelebihan : lukisannya banyak dilihat dan menginspirasi banyak orang. Lebih mengajak mendengarkan dari pada banyak bicara. Kehadiran ornamen ts mewah di beberapa lukisan toto juga membuat orang tersenyum.
Sumber : Kompas, Sabtu,7 Oktober 2017

Oleh : -

0 comments:

Post a Comment