7.11.17

ARTIKEL KLIPING METODE PENELITIAN GROWOL JADI CEMILAN

GROWOL JADI CAMILAN
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Metode Penelitian

          Growol terbuat dari singkong yang direndam selama beberapa waktu. Proses yang dilalui ketela pohon untuk menjadi growol antara lain difermentasi, dicacah, dikukus, dan dicetak. Diera 1960-an, growol biasanya dikonsumsi seagai pengganti nasi. Growol yang sebelumnya dibairkan dalam bentuk aslinya, yaitu lempengan putih beraroma tidak sedap kini berah wujud. Growol tampil seperti stik atau makan ringan berbentuk pipa kecil seukuran tusuk gigi. Semuanya dikemas cantik dan kekinian, baik berentuk cup maupun kemasan karton warna-warni.
          Sri dan Desti pn memasarkan stik growol kesejumla swalayan di Yogyakarta dan sekitarnya. Dikulon progo, stik growol jadi makanan ringan yang rutin mengisi rak-rak ditoko milik rakyat (Tomira), took modern milik koperasi-koperasi dikulon progo.
          Kegiatan ibu dan anak memproduksi stik growol ini dimulai pada Februari 2016. Industri rumah tangga ini dimulai dari usaha dadakan yang terpaksa dilakukan. Ketika itu, sri yang terbiasa membuat aneka kue kering untuk lebaran diminta menyajikan hidangan khas kulon progo dalam sebuah acara yang akan dihadiri wakil presiden Jusuf kalla.
Kekurangan : pembuat makanan growol sebagai camilan membutuhkan proses yang lumayan lama. Pernah gagal dan tidak layak konsumsi.
Kelebihan : growolnya yang biasanya kadng dimakan dengan sayur sekarang dengan inovasi baru orang jadi lebih tertarik untuk memakannya. Growol juga difasilitasi tempat dibeberapa swalayan. Bahan baku yaitu ketela mudah untuk dficari.
Sumber : Kompas, Sabtu, 16 September 2017
Oleh : Regina Rukmorini


0 comments:

Post a Comment