25.10.17

TEORI KEPRIBADIAN KOGNITIF

TEORI KEPRIBADIAN KONSTRUK PERSONAL GEORGE A. KELLY
Nama : yona sahputri luspartiwi
NIM : 16.310.410.1136
Mata kuliah : Psikologi Kepribadian 2



Banyak macam dari teori-teori kepribadian yang telah dikemukakan berbagai tokoh. Salah satunya adalah teori kognitif yang dikembangkan oleh George A. Kelly dimana hal ini membahas tiga teori yang pada dasarnya dikembangakan dengan tidak melakukan kontak dengan klien dalam terapi. Berbeda dengan teori Freud dan Rogers, George A. Kelly bermaksud memahami individu secara utuh yaitu dengan menekankan pada cara-cara dalam mengkonstruksi yaitu mempersepsi, menafsirkan, mengontrol, dan meramalkan peristiwa di sekitar dunia mereka.
Kelly menggunakan kata konstruk untuk merujuk kepada ide atau kategori yang digunakan orang untuk menginterpretasi dunia mereka.
[1] Akan tetapi, Kelly mengeksplorasi proses kognitif tertentu yang menjadi alat individu untuk mengategorikan orang atau benda dan mengkosntruk makna dari peristiwa harian setiap individu secara mendetail. Orang-orang mengaplikasikan konstruk mereka terhadap interpretasi peristiwa sehari-hari melalui prosedur mental yang umumnya disebut “proses kognitif”. Kelly meyakini bahwa tidak ada kebenaran yang objektif dan kebenaran yang mutlak absolut. Fenomena yang terjadi hanya berarti manakala dihubungkan dengan cara individu mengkonstruksi fenomena yang ada.
Teori personal konstruk Kelly menekankan cara orang menerjemahkan peristiwa tentang dunia/lingkungan yang berkaitan dengan sistem konstruk. Kelly juga mendasarkan teori kepribadiannya pada pandangan tentang ilmu pengetahuan dan karakteristik penyelidikan ilmiah yang emplisit. Kemudian yang mendasar bagi pandangan psikopatologi Kelly adalah upaya orang untuk menghindari kecemasan (pengalaman di mana sistem konstruk seseorang tidak dapat diterapkan kepada peristiwa) dan untuk menghindari ancaman (kesadaran akan perubahan komprehensif segara dalam sistem konstruk).
Kelly mengembangkan Role Construc Rep Ertory Test unttuk menilai konten dan struktur sistem konstruk seseorang. Riset terhadap teori konstruk personal pada dasarnya difokuskan kepada tes Rep. Sedang psikoterapi merupakan proses mengkonstruksi ulang dari sitem konstruk. Selain tes Rep, Kelly juga mengembangkan teknik untuk mengembangkan sistem konstruk yang disebut fixe role therapy atau terapi peran tetap berasumsi bahwa secara psikologis individu adalah apa yang mereka representasikan dari diri mereka dan individu adalah apa-apa yang mereka lakukan.


A. K. Anwar, Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian, Edisi Sembilan, (Jakarta: Kencana, 2010), hal. 397.

0 comments:

Post a Comment