23.10.17

Tas dan Aneka Kerajinan Rajut Mbak Ina

Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Foto: Ina
Ranjutan belakangan ini sangat populer baik dalam bentuk tas maupun aneka kerajinan rajut lainnya, salah satunya adalah rajutan buatan Mbak Ina. Barang yang dibuat dengan 100% rajut tangan ini memiliki ke khasan tersendiri selain pembuatannya yang dirajut dengan tangan yaitu berbahan kain wool. Bila diaplikasikan untuk pakaian kain wool ini akan sangat mengahangatkan tubuh. Sementara itu daya tarik tas rajutan lebih dikarenakan pembuatannya yang 100 % buatan tangan manusia bukan hasil pengerjaan mesin dan motifnya yang menarik. Selain tas dan pakaian, Mbak Ina juga melayani pembuatan rajutan untuk sarung bantal, blanket, bunga hiasan dan lain sebagainya. Akan tetapi produk yang paling banyak diminati untuk rajutan buatan Mbak Ina adalah tas rajut. 

Foto: Ina
Harga tas rajut  berada pada kisaran Rp 350.000,00 sampai dengan Rp 55.000,00. Adapun lama pengerjaan tas rajut 2 sampai 3 minggu. Sementara untuk pakaian rajut seperti ponco dan sweater rajut dijual mulai dari harga Rp 400.000,00. Sebenarnya masalah harga sendiri sistemnya negotible, artinya ada negosiasi harga antara pembeli dan penjual. Dimana Mbak Ina bisa menyesuaikan bahan baku rajutan dengan kemauan dari pembeli. Selain itu pembeli juga bisa request sendiri model dari rajutan yang akan dibuat. Mbak Ina juga selalu menghadirkan motif tas yang berbeda-beda nan unik dengan mendesainnya sendiri. Usaha yang telah ditekuni Mbak Ina sejak tahun 2015 ini berawal dari pesanan salah satu temannya yang kemudian menarik minat teman lainnya untuk mengorder tas rajut buatan Mbak Ina. 


foto: Ina
Hasil rajutan Mbak Ina sendiri bisa dilihat di instagram pribadinya di akun @inalasta. Selain instagram, Mbak Ina juga menngunakan facebook untuk memposting sekaligus mempromosikan hasil rajutannya tersebut. Bak gayung bersambut, postingan hasil rajutan Mbak Ina memperoleh feedback positif dan banyak peminatnya hingga usaha rajut tersebut masih berjalan sampai saat ini. Hasil rajut Mbak Ina ini tidak hanya bisa dipesan oleh orang-orang yang berada di Tulung Agung saja lho, Mbak Ina juga melayani pemesanan diluar kota dengan pengiriman via ekspedisi. Akan tetapi sistem pemesannya adalah pre-order, jadi barang baru akan dibuat saat ada pesanan.

Foto: Ina
Meskipun demikian bila ingin segera memakai tas ataupun sweater rajut buatan Mbak Ina harus segera melalukan pemesanan karena orderan Mbak Ina selalu full setiap bulannya, bahkan sampai bulan November nanti sudah full order. Pemesanan tas rajut dan aneka kerajinan rajut buatan Mbak Ina bisa menghubungi nomor 08993789678. Adapun pemesanan untuk luar kota akan dikirim dari Tulung agung.

0 comments:

Post a Comment