12.10.17

Taklukkan Fobia Anda

Nurul Hidayah 
153104101104
Mata Kuliah Psikologi Klinis
Review Buku “Taklukan Fobia Anda”


Fobia merupakan keketakutan terhadap suatu stimulus (situasi, orang, binatang, benda) yang dihawatirkan menjadi suatu kenyataan tertentu. Kecemasan yang irasional membuat seseorang menghindari sumber pemicunya. Banyak dari penderita fobia meyakini bahwa masalah mereka merupakan suatu yang aneh, tidak lazim dan sulit dimengerti oleh orang lain. Tak jarang mereka malu akan dianggap mengalami gangguan mental dan lebih memilih menyembunyikannya. Padahal, telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli kedokteran, psikiater, psikolog sejak puluhan tahun lalu meskipun belum mencakup seluruh permasalahan fobia.


David Lewis dalam bukunya pun memberitahukan bahwa penderita fobia sebaiknya tidak menemui dokter namun langsung menemui psikolog. Menurutnya, fobia paling efektif diobati dengan prosedur psikologi ketimbang medis. Obat-obatan yang diberikan dokter, terutama obat penenang hanya meredakan gejala jangka pendek. David Lewis juga menyarankan untuk berfikir positif dalam menghadapi fobia. Fobia bukanlah suatu penyakit jiwa, bukan pula timbul karena kelainan pribadi atau kelemahan karakter.


Dalam buku ini, David Lewis ingin membimbing pembacanya yang mengalami suatu fobia untuk memperbaiki keadaan. Buku ini dilengkapi panduan untuk membuat catatan harian yang berisi pencapaian dan upaya-upaya dalam mengatasi fobia, termasuk mencatat apa saja yang menjadi penyebab kecemasan. Catatan harian ini saya kira merupakan langkah konkrit untuk mengenali permasalahan kecemasan secara lebih dalam. Bukankah sebenarnya, masalah kita menjadi semakin rumit ketika kita tidak mengetahui permasalahan itu sendiri secara utuh?


Ada 6 langkah dalam mengatasi fobia yang dikonsepkan oleh David Lewis. Langkah Pertama, relaksasi sebagai penangkal kecemasan. Ketrampilan relaksasi perlu dilatih dengan sering melakukannya sebab relaksasi bisa menjadi respon otomatis terhadap stres hanya bila ketrampilan itu tercapai. Langkah Kedua, menciptakan program anda sendiri. Pada langkah ini, individu diminta mengumpulkan informasi terkait fobianya. Kemudian membuat Kartu Kemajuan yang berisi daftar aktivitas sebagai langkah sistematis untuk mendapat suatu pencapaian. Langkah Ketiga, pelatihan berkhayal. Mengkhayalkan ketenangan, kesuksesan dalam menghadapi kecemasan dapat membangun keyakinan diri dan mengembangkan kebiasaan untuk rileks. Langkah Keempat, pelatihan kehidupan nyata. David Lewis mengingatkan untuk tidak mencoba aktivitas dalam kehidupan nyata sebelum melaksanakannya dalam imajinasi. Langkah Kelima,  menanggulangi kemunduran. Dalam prosesnya mungkin saja individu mengalami sedikit perasaan depresif, pesimif dan hampir menyerah. Namun meremehkan keyakinan terhadap diri sendiri dapat mengurangi motivasi dan meningkatkan kecemasan. Langkah Keenam, hidup tanpa rasa takut.


Referensi :
Lewis, David. (1992). Taklukkan Fobia Anda. Jakarta. Arcan.

0 comments:

Post a Comment