19.10.17

RESENSI ARTIKEL: ‘PENGIN MULYA, AYO MACA’, Kebiasaan Baca Buku Mulai Berkurang

‘PENGIN MULYA, AYO MACA’
Kebiasaan Baca Buku Mulai Berkurang

WAHYU RELISA NINGRUM
15.310.410.1087
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


            Zaman sekarang, kebiasaan membaca buku sudah mulai berkurang. Masyarakat mulai sibuk dengan gadget, mulai bermain online, berselancar di dunia maya, hingga sibuk dengan media sosial. Tidak dapat dipungkiri, hal ini membuat banyak orang semakin malas membaca buku.
Pesta buku yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulonprogo serta Diva Press, diharapkan menjadi sarana meningkatkan minat baca. Selain itu juga menjadi media edukasi dan media trasaksi bagi masyarakat Kulnprgo pada umumya.”Pengin Mulya Ayo Maca” itulah tagline yag dikatakan Jumanto, pihaknya berupaya memberi pemahaman bahwa dengan membaca maka wawasan pengetahuan akan bertambah luas, dapat menjadikan manusia yang berbobot, berisi dan berwawasan serta “Hidup kita akan menjadi lebih bermakna atau mulyo karena membaca.
Sisi positifnya, peran Pemerintah dalam menggerakkan elemen masyarakat untuk gemar membaca diwujudkan dengan aksi nyata.
Sisi negatifnya, perlu adanya sosialisasi, peningkatan dan pengembangan pesta buku tersebut agar dapat diikuti oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di daerah lain. Sehingga masyarakat di lain daerah juga termotivasi untuk membaca.

Sumber:

Kedaulatan Rakyat, 11 Oktober 2017. Hal 23.

0 comments:

Post a Comment