19.10.17

RESENSI ARTIKEL: GOVERNMENT VILLAGE FAIR : Masyarakat Desa Perlu Dimotivasi

GOVERNMENT VILLAGE FAIR
Masyarakat Desa Perlu Dimotivasi

WAHYU RELISA NINGRUM
15.310.410.1087
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


            Goverment Village Fair (GVF) 2017 diadakan di Balai Desa Hargomulyo beberapa waktu lalu. Desa Hargomulyo merupakan Desa Budaya dan pilot project desa berkemajuan. Arif menyatakan secara umum masyarakat pedesaan masih sangat memerlukan motivasi, dorongan, pembinaan untuk mampu lebih berdaya dalam mengelola sumber daya atau potensi di wilayahnya. Peran aktif pemerintah dan segenap komponen masyarakat sangat dibutuhkan. Komponen masyarakat yang dimaksud ialah swasta, perguruan tinggi, maupun LSM menjadi faktor strategis yang mampu menggerakkan perubahan ke arah yang lebih baik.
            Langkah nyata yang terlihat adalah pengiriman mahasiswa ke Desa Hargomulyo Kokap untuk melihat secara langsung tentang penyelenggaraan pemerintah desa, mengelola dan mengembangkan desa serta sumber daya dan potensi desa, yang mungkin sealama ini belum tergarap secara sempurna, jelas Arif. Government Village Fair merupakanprogram kegiatan pengabdian masyarakat. Rangkaian GVF adalah sekolah Kilat Kewirausahaan, sosialisasi UU Desa, Semarak Hargomulyo, membangun jaringan dan kemitraan kerja serta sarasehan tentang Konsep Desa Berkemajuan.
           
      Sisi positifnya, memberikan motivasi kepada desa lain untuk memajukan desanya dengan berbagai aksi nyata yang dapat membawa desa ke arah perubahan yang lebih baik. Tentunya dengan berbagai program yang disinergikan dengan  berbagai komponen masyarakat dan pemangku kebijakan.
            Sisi negatifnya, semua desa mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi desa yang berkemajuan. Hal ini tergantung dari kemauan untuk berubah menjadi lebih baik, dan siap menghadapi perubahan tersebut dengan energi yang positif tentunya.
           
Sumber:

Kedaulatan Rakyat, 11 September 2017. Hal 5.

0 comments:

Post a Comment