15.10.17

PERAN GURU TAK DAPAT DI GANTIKAN TEKNOLOGI

RESENSI ARTIKEL : PERAN GURU TAK DAPAT DI GANTIKAN TEKNOLOGI
IRNANINGSIH
NIM : 15 310 410 1089
FAKULTAS PSIKOLOGI 
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
PSIKOLOGI INOVASI

 Penerapan teknologi digital tidak dapat menggantikan peran guru di sekolah. Teknologi hanyalah alat bantu yang harus di terapkan secara tepat oleh para guru agar kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung efektif. Dalam pendidikan, teknologi digital berfungsi menunjang edukasi. "teknologi hanya berbasis pengetahuan. Akan tetapi guru memiliki kebijaksanaan yang berasal dari pengalamannya. Inilah alasan teknologi secanggih apapun tak dapat menggantikan peran guru" kata Group Strategy and Development Education Technology Eduspec Holdings Bhd, Jerome Lo, dalam lokakarya sistem digital sekolah di Jakarta (29/9).

Jika guru dapat menggunakan teknologi saat mengajar, guru bisa mengefektifkan proses belajar mengajar. Jerome mencontohkan penggunaan papan tulis pintar di kelas yang mengefektifkan waktunya. Jerome juga menegaskan kebijakan seorang guru tetap di butuhkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. "teknologi digital bersifat menunjang dan memberi ruang bagi guru untuk mengintervensi kondisi pemahaman murid. Dalam intervensi pemahaman muridnya kebijakan gurulah yang di butuhkan, teknologi tak dapat menggantikannya". ujar Jerome.



Intervensi yang di maksudkan misalnya guru mendekati dan mengajar muridnya yang belum memahami suatu materi. Jerome menjelaskan guru juga dapat menggunakan fasilitas pengolah data dari teknologi digital untuk menganalisis kondisi pemahaman muridnya.

Sumber : Kompas, Sabtu 30 September 2017, hal 11

0 comments:

Post a Comment