15.10.17

PEMKAB GUNUNGKIDUL DAN POLDA DIY: SIAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUDA



PEMKAB GUNUNGKIDUL DAN POLDA DIY: SIAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER
GENERASI MUDA
 


I R W A N T O
NIM. 163104101125
FAKULTAS PSIKOLOGI UMUM

TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH PSIKOLOGI SOSIAL 2

DOSEN: Dr. ARUNDATI SHINTA, MA.

Melihat kondisi riil bangsa Indonesia yang belum solid, kukuh, dan terbelah-belah, maka sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat, perlu terus mengupayakan terciptanya warga dan bangsa Indonesia yang berkarakter dan berbudaya. Bangsa Indonesia yang memiliki kejelasan dan kebanggaan identitas diri merupakan impian dan cita-cita bagi semua. Bangsa Indonesia yang berkarakter dan berbudaya ditunjukkan dengan perilaku yang berakar dengan agama yang diyakini, budaya yang melatar-belakangi, dan keluhuran tujuan yang dicita-citakan. Dengan demikian setiap individu yang berkarakter seharusnya ditunjukkan dengan perilaku unik sesuai dengan karakteristik kepribadian, nilai-nilai agama yang dianut, dan kondisinya di mana mereka berada. Dalam konteks sebagai warga Indonesia, maka individu itu seharusnya menjunjung tinggi nilai-nilai ke Indonesiaan dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sisi Positif
Pendidikan karakter berkaitan dengan pedoman hidup sehari-hari yang amat diperlukan guna mengambil keputusan dan memecahkan perbagai problem kehidupan yang dihadapi. Sebagai pedoman hidup, karakter bisa dikembangkan berdasarkan berbagai sumber, antara lain bersumberkan agama dan bersumberkan idiologi negara. Setiap agama memiliki dasar-dasar karakter bagi pemeluknya.

Sisi Negatif
Pendidikan karakter sudah mulai hilang di kalangan muda, rasa hormat-menghormati, tolong menolong sudah mulai hilang di dalam pandangan kaum muda sekarang ini.

Sumber:
Anonim. (4 Oktober 2017). Pemkab Gunungkidul dan Polda DIY: Siapkan pendidikan karakter generasi muda. Kedaulatan Rakyat. Hari Rabu. Halaman 3.

 

0 comments:

Post a Comment