12.10.17

DOSEN BUTUH PERKUAT EMPAT KOMPETENSI



DOSEN BUTUH PERKUAT EMPAT KOMPETENSI
 
 I R W A N T O
NIM. 163104101125
FAKULTAS PSIKOLOGI UMUM

TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH PSIKOLOGI SOSIAL 2

DOSEN: Dr. ARUNDATI SHINTA, MA.

Aspek kecakapan hidup adalah sesuatu hal yang  harus diasupkan kepada pesdik karena  tujuan pendidikan yang sebenarnya agar anak cakap dalam menjalani hidupnya, materi pembelajaran sebatas memberikan pengerahuan,yang lebih penting sebagai suatu sarana untuk menghantarkan pesdik menjadi cakap dalam menjalakan hudupnya kelak setelah terjun kemasyarakat. Kecakapan hidup bukan  suatu materi pelajaran, tapi suatu aspek-aspek kehidupaan yang harus dimiliki pesdik didapatkan dari
pengalaman yang pernah dilakukan, kecakapan hidup pesdik  ini harus digali/dipupuk/dibiasakan pada saat pelaksanaan proses pembelajaran. sehingga proses penyampaian kecakapan hudup ini melalui/sekaligus pada saat guru menyampaikan materi ajar dengan strategi tertentu sehingga kecakapan dapat diserap/didapatkan  pesdik .Aspek-aspek ini harus dimasukaan dalam persiapaan mengajar dan diasaat pelakasanaan  proses KBM sekaligus mengakses aspek-aspek kecakapan hidup ini. Sedangkan aspek-aspek kecakapan hidup itu adalah kecakapan hidup dapat digolongkan menjadi tiga bagian (1) Kecakapan personal (personal skill), (2) Kecakapan hidup social (sosial skill) dan (3) Kecakapan hidup spesifik (spesifik skill).

Sisi Positif
Kompetensi itu mencakup bidang keilmuan, sosial, kepribadian dan pedagogik. Usaha ini tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa kemampuan pedagogikyang memadai. Yang diinginkan seluruh dosen memiliki terobosan dan kemampuan yang bisa membuat mahasiswa betah berlama-lama terlibat dalam banyak aktivitas akademik. 

Sisi Negatif
Masih banyak dosen yang belum memiliki keempat kompetensi tersebut, cukup hanya bisa mengajar dan memberikan tugas.

Sumber: 
Anonim. (4 September 2017). Dosen butuh perkuat empat kompetensi. Semarang Metro. Hari Senin. Halaman 22.


0 comments:

Post a Comment