26.10.17

APAKAH SAYA DOSEN YANG BAIK?



RESENSI ARTIKEL: MENGOPTIMALKAN KEPEMIMPINAN DARI DALAM UNTUK MERAIH KESUKSESAN

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Univesitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Mengapa teman-teman dosen itu mendapatkan promosi lebih cepat dari Rektor? Padahal dosen itu punya kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi yang jauh lebih rendah daripada saya. Pasti teman dosen itu telah bermain kotor, sehingga Rektor termakan umpan kotor tersebut. Begitulah kira-kira gerutuan seorang dosen yang diserang oleh penyakit iri.

Persoalan yang berhubungan dengan rasa iri itu adalah bahwa banyak dosen / karyawan yang terserang penyakit iri. Mereka lupa bahwa kesuksesan itu hasil usaha yang tekun dan fokus. Usaha-usaha yang fokus itu akan menciptakan kesempatan (peluang). Perlu dicatat bahwa kemampuan seseorang untuk menciptakan peluang adalah petunjuk bahwa dirinya telah siap lahir dan batin untuk memegang tampuk kesuksesanjadi dalam hal ini kesempatan untuk sukses itu tidak akan datang begitu saja, tetapi memang harus diciptakan.


Bagaimana cara menciptakan kesempatan untuk sukses?
  1. Adanya kemampuan untuk percaya pada diri sendiri. Indikator dari orang yang punya rasa percaya diri besar (bukan arogansi) adalah keberaniannya untuk mengubah diir. Prinsipnys adalah bahwa kita adalah ”me Inc”. Kita adalah penentu kesuksesan diri sendiri, bukan orang lain.
  2. Fokus pada tujuan. Sinonim dari perilaku fokus ini adalah tekun. Fokus yang jelas akan membantus eseorang terus bangkit bila ia mengalami kegagalan.
  3. Individu memiliki rencana tindakan yang jelas. Rencana ini termasuk pembuatan / penyusunan antisipasi bila rencana utama gagal.

Setiap orang adalah pemimpin dan semua itu dimulai dari kepemimpinan diri sendiri. Bila pemimpin itu tidak berani memimpin (mengubah) diri sendiri maka ia bukan pemimpin yang baik. Begitu juga dengan dosen, ia harus bisa menjadi suri tauladan bagi mahasiswanya, sehingga segala instruksi pada mahasiswa akan dilaksanakan oleh mahasiswa dengan senang hati.

Hal yang menarik dari artikel ini adalah adanya istilah ”Me Inc”. Artikel-artikel tentang kepemimpinan pada umumnya memberikan ciri-ciri seorang pemimpin yang baik, antara lain: bertanggung jawab, berani, bijaksana, berwibawa, dan sebagainya. Tidak / jarang ada artikel yang menuliskan istilah ”Me Inc” yang terjemahan bebasnya adalah keberanian memimpin diri sendiri.

Hal yang kurang dari artikel ini adalah ulasan yang lebih rinci tentang ”Me Inc”. ”Me Inc. itu pada hakekatnya tidak hanya memimpin diri sendirit etapi juga berani mengubah diri sendiri. Keberanian mengubah diri sendiri bukan jaminan bagi individu untuk mendapatkan kesuksesan, namun kesuksesan mustahil terjadi tanpa diiringi dengan keberanian mengubah diri.


Sumber tulisan:
Setiaji, B. (2017). Mengoptimalkan kepemimpinan diri dalam meraih kesuksesan. Dalam Kompas, 9 September, halaman 11.

0 comments:

Post a Comment