5.7.17

Selada Merah Hasil Aquaphonik Mbak Elisa


Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Aquaphonik, cara menanam tumbuhan tanpa menggunakan media tanah. Cara bercocok tanam yang mengkombinasikan antara teknik aquakultur dan hidroponik ini berasal dari keprihatinan Mbak Elisa terhadap botol bekas yang sulit diuraikan bila ditimbun dalam tanah. Kemudian ia memanfaatkan botol-botol bekas tersebut menjadi media bercocok tanam sayuran selada merah. Selain itu ia juga memanfaatkan limbah air kolam lele untuk menutrisi pertumbuhan selada merahnya. Alhasil, tanaman aquaphoniknya ini tumbuh dengan subur berkat zat hara dan nutrisi yang terkandung dalam air limbah kolam lele meskipun tidak ditanam dalam tanah. 

foto: elisa
Aquaphonik ini sangat cocok untuk menanam sayuran karena akan cepat dipanen. Selain itu juga menjawab permasalahan minimnya lahan untuk bercocok tanam pada zaman sekarang ini. Perawatan aquaphonik juga terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya serta perawatan khusus. Bercocok tanam selada dengan sistem aquaphonik ini sendiri telah ditekuni mbak Elisa sejak tahun 2016. Hasil panen selada merah sudah ia pasarkan baik ke restoran-restoran organik maupun pasar tradisional.
Selada merah mbak Elisa dapat dibeli baik secara batangan (eceran) maupun kiloan. Adapun harga selada merah perbatang yaitu Rp 3.000,00 dan Rp 25.000,00 satu kilo.

foto: elisa
Bentuk promosi yang sudah dilakukan oleh mbak Elisa dalam memperkenalkan tanaman selada merahnya ini melalui marketing online. Ia memanfaatkan media sosial  instagram untuk promosinya. Hasil budidaya selada merah dengan sistem aquaphonik ini dapat dilihat di akun instagram @aquaphonik_mulyo. Selain itu budidaya selada merah dengan aquaphonik ini juga sudah diliput oleh stasiun televisi Trans7 dan Antara. Hasil liputan ini dapat dilihat di youtube dengan link https://youtu.be/igtWWXHgQ8U dan https://youtu.be/22k1cJbw4EU.



foto: elisa
Bagi yang ingin menikmati sehatnya sayuran hijau-Selada merah ataupun sekedar ingin tahu seperti apa cara bercocok tanam dengan aquaphonik ala Mbak Elisa bisa datang langsung ke Kwasen  RT 1, Dusun Jatimulyo, Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta, ataupun menghubungi nomor 085643823443.

0 comments:

Post a Comment