6.7.17

Kue Lebaran dan Sayur Matang Ibu Lastikah



Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

foto: fiki
Ibu Lastikah memulai usaha pemesanan kue lebaran sejak 20 tahun yang lalu. Pemesanan kue lebaran sudah dilayani mulai sebelum Ramadhan dengan batas akhir pemesan H-10 sebelum Hari Raya Idhul Fitri. Lama pembuatan kue juga terbilang cukup singkat karena dua hari setelah pemesanan, kue sudah bisa diambil. Pemesan kue lebaran di Ibu Lastikah ini tidak menerapkan batas minimal order. Jadi berapapun pesanan kue lebaran anda, Ibu Lastikah siap membuatkannya.

Promosi yang digunakan Lastikah bukan melalui sosial media, melainkan lebih ke sosialisasi dari mulut ke mulut. Dimana waktu 20 tahunan ini menjadikan kue Lebaran Ibu Lastikan dipercaya orang karena rasa dan kualitasnya. Kebanyakan pembeli dari kue Lebaran Ibu Lastikah adalah tetangga Ibu Lastikah sendiri dan warga desa sebelah tempat Ibu Lastikah tinggal. Terkadang ada yang mengambil kue lebaran ini sendiri di rumah Ibu Lastikah karena takut kehabisan, tapi tak jarang ada pula yang meminta di antar.

             Adapun jenis kue yang dijual Ibu Lastikah berupa kue kering seperti kue kacang, kue koyah, kue kelapa, gula kelapa, enting-enting, nastar, kue salju, dan lain sebagainya. Kue kering dijual per mika dengan kisaran harga antara Rp 35.000,00 sampai dengan Rp 60.000,00, dengan catatan harga menyesuaikan jenis kue. Selain kue kering juga terdapat kue basah dan jenang. Pemesanan kue basah dilayani mendekati Hari Raya Idhul Fitri dengan kisaran harga Rp 50.000,00 per dos.

Selain melayani pemesanan kue Lebaran, Ibu Lastikah juga mempunyai usaha  menjual sayur matang, gorengan dan bubur dihari-hari biasa. Biasanya Ibu Lastikah menjajakan dagangannya ini di pagi hari. Gorengan ibu Lastikah dapat dibeli dengan harga Rp 2000,00 per 3 buah dan bubur antara Rp 1.000,00 sampai dengan Rp 3.000,00. Sementara untuk sayur matang tidak menerapkan batas minimal pembelian. Jenis sayur matang yang dijualpun juga berbeda-beda setiap harinya. 


foto: fiki
Bagi yang ingin memesan kue lebaran atau menikmati lezatnya masakan Ibu Lastikah dapat mengunjungi rumah beliau di Banyuadem RT 02 RW 03, Banyuadem, Srumbung, Magelang. Selain berkunjung langsung, pemesan kue lebaran juga di bisa menghubungi nomor 085802766606.

0 comments:

Post a Comment