3.7.17

BALADA E- LEARNING

                                              BALADA E-LEARNING DI KAMPUSKU
Ningnurani, Psikologi'16,UP'45 Yogyakarta

E- learning adalah sarana untuk mahasiswa belajar, menyerap semua materi perkuliahan dimana mereka menuntut ilmu disebuah universitas. E- learning sangat membantu mahasiswa, karena tidak harus secara fisik pergi ke kampus, apalagi bagi mahasiswa kelas karyawan.E- learning keberadaannya sangat membantu, dengan segala keterbatasan waktu yang dimiliki oleh mahasiswa kelas karyawan.Sekali klik, semua materi dan tugas bisa diakses dengan cepat.

Akan tetapi apa jadinya kalau disaat kita harus mengerjakan tugas yang sudah deadline, tiba - tiba situs E-learning yang kita andalkan tertera tulisan "  HACKED BY IN YOUR DREAM "...
Seperti kita tersadar dari mimpi buruk yang membuat kita kaget. Hanya tarikan nafas panjang yang bisa kita hela, dan gumaman " ada apa  lagi ini?''

Sudah dua bulan terakhir, situs ini on - off, seperti lampu yang telat bayar pajaknya. Siapa yang mesti bertanggung jawab, kemana lagi kami harus mengadu?  Ahh..entahlah.  kuliah yang harus kami bayar, tidak sepadan dengan realita yang kami terima.

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.(https://heeery.wordpress.com/2008/07/10/apa-itu-hacker/)

Jenis - Jenis Hacker :
1. White Hat Hacker --->  istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer.White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.


2. Black Hat Hacker ---> adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa ijin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.

Alasan Orang Melakukan Hacker :
(http://keeptamvan.blogspot.co.id/2015/03/7-alasan-seseorang-menjadi-hacker.html )

1. Memperbanyak Wawasan ---> adalah salah satu alasan yang baik. Jika Anda berminat untuk menjadi Hacker, sebaiknya Anda mengambil alasan ini untuk dijadikan motivasi. Tetapi, kebanyakan seorang Hacker menggunakan alasan ini hanya untuk membohongi orang yang bertanya saja. Kita tidak tahu, alasan yang mereka berikan benar atau tidak. Mereka sendirilah yang tahu tujuan mereka menjadi Hacker.

2. Hanya Sekedar Iseng ----> Ini dia alasan yang sering kita dengar dari seorang Hacker. Iseng-iseng mencoba hal baru adalah salah satunya. Mereka iseng-iseng untuk membobol apapun yang mereka mau tanpa mendapatkan tujuan apa-apa. Sebetulnya sih rugi kalau gini, tapi iseng-iseng ini adalah tujuan yang menjerumus dari baik dan jahat

3. Terpengaruh Ajakan Teman --->Ini alasan untuk kebaikan atau kejahatan ? Mungkin Anda bisa menilainya sendiri. Teman yang baik adalah teman yang mengajak Anda untuk berbuat kebaikan. Namun, bila teman mengajak Anda untuk berbuat kejahatan, dosa akan diterima oleh Anda dan teman Anda. Kecuali ada sebuah paksaan dari teman, dan Anda tidak bisa melawan.

4. Perlindungan Diri Dari Hacker Lain ---> Pernahkah media sosial Anda dihack ? Jika Anda adalah orang biasa. Anda pasti akan beinisiatif untuk menjadi Hacker juga demi menjaga kerahasiaan data pribadi Anda. Dan bisa juga untuk mengambil lagi data Anda yang telah dicuri oleh seorang Hacker. Alasan ini adalah alasan yang menjurus ke kebaikan. Jadi apa salahnya Anda jadi Hacker untuk perisai diri sendiri ?

5. Pengen Terkenal dan Dikenal ---> Hacker yang sering membully hacker lainnya adalah hacker yang sok jago. Hacker yang ingin terkenal dan terkenal. Karena, biasanya hacker yang setingkat "Dewa" sukanya hanya merendah dan membagi ilmu. 

6.Lagi Butuh Uang ---> Hacker yang sukanya mencuri identitas kartu kredit orang lain biasa disebut Carder dan kegiatan yang mereka lakukan adalah Carding. Butuh uang adalah alasan yang dijadikan seseorang untuk jadi Hacker. Tidak pandang bulu kartu kredit siapa, yang penting isinya banyak, mereka ambil untuk membeli barang yang sedang mereka butuhkan.

7.  Sebagai Ajang Balas Dendam ---> Menakutkan. Alasan ini adalah alasan yang paling mengerikan. Ketika seseorang diganggu di dunia nyata maupun maya. Ia juga akan membalasnya. Membalas lewat apapun yang mereka bisa.

Apapun  alasannya, Hacker yang terjadi di situs E-learning yang ada dikampus itu sudah menganggu keyamanan, keinginan dan semangat kami yang terus ingin maju dan berprestasi.


sumber : 
https://heeery.wordpress.com/2008/07/10/apa-itu-hacker/ ( senin: 7/3/2017 : 11: 05 am )
http://keeptamvan.blogspot.co.id/2015/03/7-alasan-seseorang-menjadi-hacker.html (
senin: 7/3/2017 : 11: 07 am)



Tampilan situs  E-learning UP'45 Yogyakarta.







0 comments:

Post a Comment