10.6.17

TRANSPARASI ANGGARAN ASIAN GAME


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
16.310.410.1158
ASEP SINGGIH WIJANARKO

ASIAN GAME
Presiden Ingatkan Soal Transparasi  Anggaran
 
      Jelang di adakanya ajang olahraga seasia ASIAN GAME 2018 di jakarta dan Palembang,  sumatra Selatan, persiapan terus dilakukan. Namun presidn Joko Widodo mengingatkan supaya penggunaan anggaran dalam penyelenggaran Asian Game di lakukan secara efisien,efektif,akuntabel dan transparan.
  Angaran juga perlu di kalkulasi secara detil,secara rinci, dan perlu saya ingatkan supaya anggaran tidak di lebih-lebihkan dan juga tdak berlebihan. Kalupun persiapkan secara cepat untuk mengejar waktu yang tersisa, saya minta semua di lakukan secara terbuka, transparan dan bisa di pertanggun jawabkan. “ujar Presiden dalam arahan rapat terbatas terkait penyelengaraan Asain Games dan Asian Para Games 2018 rabu (7/6).
  Dalam rapat yang di lakukan di kantor itu di hadiri wakil presiden Jusuf Kalla; mentri pemberdayaan manusia dan kebudayaan Puan Maharani; Mentri Hukum dan Ham Yasona Laoly; Mentri BUMN Rini Soewandi ;mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasri; dan mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
  Tahun ini di siapkan anggaran Rp 1,5 triliyun dari APBN perubahan. Selain itu, anggaran senilai Rp 465 miliar juga akn dailihkan dari Olympic Center ke penyelenggaran Asian Games. Sebab, di awal penyelenggaran Inasgoc memerlukan anggaran Rp 1,8 triliyun tutur wakil mentri keuangan Mardiasmo se usai rapat.
  Untuk meng antisipasi potensi korupsi dalam penyelenggaran Asian Games, Mnteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, akan di siapkan kantor bersama untuk memenatu penggunaan anggaran mulai dari perencannan dan pencairan anggaran, sejauh ini baru tim pemantau dari BPKP, Kejaksaan Agung dan LKPP.
  Sementara itu, budi budi karya sumandi menyakinan, light Rail Transit akan rampung pada 2018 dan bisa di gunakan untuk asaian games. Pemerintah juga telah mempersiapkan 300 bus di jakarta,palembang, dan wilayah lain. Untuk taransportasi atelit di perlukan angaran Rp 25 milyar sampai 27 milyar.
   Asaian Games adalah ajang olah raga terbesar se Asia mak persiapan yang dilakukan meman harus sunggu-sungguh dan tepat waktu. Pesiapan bukan hanya pada infrastruktur saja tapi pada setiap cabang olahraga yanga di pertandingkan agar putra-putri bangsa yang bertanding mampu berbuat banyak dan menorehkan prestasi di asain games 2018 natni, tidak hanya sebagai tuan rumah yang baik tap juga sebagai pemenag di rumah sendiri.

Kekurangan artikel
  Penulis terlalu fokus terhadap sistem angaran sehingga ajang asaian games yang menjadi topik  utama tidak terlalu ter expose seperti berapa cabag yang di perlombakan dll.
Kelebihan
Penulisan kliamat dan kata yang di gunakan mudah di pahami, semua lembaga yang bertanggung jawab terkait pengawasan anggaran juga disebutkan, sehingga pembaca setidaknya percaya akan sistem penhgawasan anggaran di asaian games tersebut.
Judul artikel; asian games, presiden ingatkan soal trasparasi anggaran
Sumber ; kompas, kamis, 8 juni 2018
Hal ;28
Penulis; (INA)
Diresensi oleh; asep singgih wijanarko
 Waktu resensi ; 10 juni 2018

0 comments:

Post a Comment