3.6.17

SEMANGAT KERJA



SEMANGAT KERJA
NAMA  : GACITA PURYO SAFITRI

NIM     : 16.310.410.1144
PSIKOLOGI  UMUM II
            Sejak bangsa indonesia di landa krisis multidimensi, apakah di bidang perbankan, politik dan terutama ekonomi, sering kali terjadi keresahan yang diwujudkan dengan maraknya demonstrasi di berbagai kalangan dan kelompok masyarakat. Salah satu pemicu utamanya adalah meningkatnya jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai perusahaan. Ketidakpastian situasi dan kondisi perusahaan membuat resah para karyawan. 

          Namun demikian, terlepas dari apakah perusahaan tersebut terlanda krisis ataukah tidak, maka yang perlu dicermati adalah bagaimana eksistensi dan manajemen. Manajemen yang efektif adalah kunci keberhasilan organisasi, Maka faktor yang menentukan adalah gaya kepemimpinan. Ketepatan penggunaan gaya kepemimpinan, akan mempunyai pengaruh langsung terhadap peningkatan semangat kerja karyawan.

          Semangat kerja merupakan usaha untuk melakukan pekerjaan secara giat sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan kebih cepat dan lebih baik (Nitisemito, 1998). Uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan semangat kerja adalah kondisi mental yang berpengaruh terhadap usaha untuk melakukan pekerjaan secara lebih giat.

          Suatu perusahaan dalam mencapai produktivitas atau kinerjanya sangat dipengaruhi oleh sistem manajemen yang berintikan pada hubungan antara unsur-unsur kepemimpinan dan semangat kerja karyawannya. Oleh karena itu dinamika atau semangat kerja karyawan sangat berpengaruh terhadap naik turunnya prodiktivitas (Sahlan, 1999)

DAFTAR PUSTAKA
Asnawi,S (1999). Semangat kerja dan gaya kepemimpinan. Jurnal psikologi

0 comments:

Post a Comment