5.6.17

RESENSI PIO DATA SEBAGAI KOMODITAS

Resensi PIO
Fatkhul Aziz
16.310.410.1141
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

DATA SEBAGAI KOMODITAS

            Zaman terus berjalan cepat. Dulu rempah – rempah merupakan komoditas yang diperebutkan antar bangsa. Kemudian minyak menjadi komoditas yang sangat berharga hingga bisa memunculkan perang.kini data menjadi komoditas baru yang sudah mulai memunculkan keributan.konflik baru sangat mungkin muncul karena soal data.
            Data yang semula dianggap remeh ini menjadi sangat bernilai ketika mereka bisa melakukan ekstraksi data itu dan kemudian dengan menggunakan algroritma bisa menjadi informasi yang berharga .
            Awalnya semua perkembangan ini tak memunculkan masalah namun karena kemudian data itu , memberi nilai ekonomis , sengketa mulai muncul.pada masa depan, sengketa ini akan makin besar. Setiap negara akn mencari alasan untuk mendapatkan setidaknya keuntungan ekonomi dari data yang di ambil oleh perusahaan besar itu.
KESIMPULAN
            Dengan naiknya data sebagai komoditas seperti teknologi informasi secara positif  akan  mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi tanpa buth waktu yang lama.
            Tapi dari sisi negatif  dengan mudahnya mendapat informasi kalau tidak bisa  menyaring masyarakat akan mudah disuapin informasi yang tidak mutu seperti berita hoaks ,dalam segi usaha akan merugikan pengusaha tradisional dalam menjalankan usahanya dan akan menguntungkan pengusaha modern karena dalam menjalankan usahanya lewat internet .

SUMBER: MARYOTO ANDREAS. Jum’at 19 mei 2017.kompas,halaman21

0 comments:

Post a Comment