10.6.17

RESENSI KORAN KOMPAS (PIO) : SURABAYA FASILITASI PELAKU USAHA RINTISAN


NAMA & NIM                                               : SITI HANIFAH (16.310.410.1151)
JUDUL ARTIKEL                                         : Surabaya Fasilitasi Pelaku Usaha Rintisan
NAMA PENULIS                                          : (SYA/ADY/ACI/TAM)
TANGGAL TERBIT                                     : 23 Mai 2017

SINOPSIS ARTIKEL         
Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, akan membuat co-working space atau ruang kerja bersama. Tujuannya untuk mendorong inovasi dan kreativitas pelaku usaha rintisan bidang teknologi digital. Fasilitasi ini di buka 24 jam tanpa dipungut biaya dan bisa diakses mulai tanggal 31 Mei 2017. Co-working space atau ruang kerja ini berada di Gedung Siola, dilengkapi mentor untuk membimbing pelaku usaha rintisan (star up). Kehadiran fasilitas itu diharapkan merangsang tumbuhnya pelaku usaha rintisan untuk berkolaborasi untuk menghasilkan ide yang membangun ekonomi kreatif. Geek Fest merupakan kegiatan yang mempertemukan pelaku usaha rintisan bidang teknologi. Jika animo masyarakat tinggi akan dibangun gedung seluas 3.000 meter persegi. Sekitar bulan November 2017, Pemkot Surabaya mendatangkan sejumlah mentor dunia seperti Google, Intel, dan Facebook, untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha rintisan.
Pemerintah Lamongan, Jawa Timur, membuat aplikasi Si Sapi melalui sisapi.laomongankab. go.id untuk mendekatkan sipeternak sapi dan pembeli sapi. Diharapkan aplikasi ini mampu membuat jual beli lebih efektif. Pedagang sapi dan peternak sapi harus mendaftar di instasinya untuk mendapatkan nama dan kata sandi. Lewat aplikasi ini, pedagang sapi bisa bertransaksi tanpa perentara. Aplikasi si sapi diharapkan mampu meningkatkan populasi sapi hingga 200.000 ekor. Peningkatan juga dilakukan dengan cara inseminasi buatan serta pemeriksaan kebuntingan dan gangguan reproduksi Aplikasi bagus namun perlu subsidi pakan.
Dibandung meluncurkan Tongsis (Toong Siswa) yang diterapkan pada 2017/2018, pada pameran pendidikan dihalaman balai kota bandung, Jawa Barat. Aplikasi ini memudahkan orangtua memantau kehadiran siswa agar tidak membolos sekaligus memantau materi pelajaran disekolah. Aplikasi ini dapat melacak keberadaan siswa jika telah mengunduh aplikasi ditelepon pintar. Operator-operator sekolah dibandung tengah memasukkan data siswa ke aplikasi dan divalidasi kepala sekolah. Orangtua diberi ruang memberikan catatan khusus anak kepada Guru. 

HAL YANG PENTING DALAM ARTIKEL
Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, akan membuat co-working space atau ruang kerja bersama. Tujuannya untuk mendorong inovasi dan kreativitas pelaku usaha rintisan bidang teknologi digital.
Pemerintah Lamongan, Jawa Timur, membuat aplikasi Si Sapi melalui sisapi.laomongankab. go.id untuk mendekatkan sipeternak sapi dan pembeli sapi. Diharapkan aplikasi ini mampu membuat jual beli lebih efektif.
Dibandung meluncurkan Tongsis (Toong Siswa) yang diterapkan pada 2017/2018, pada pameran pendidikan dihalaman balai kota bandung, Jawa Barat. Aplikasi ini memudahkan orangtua memantau kehadiran siswa agar tidak membolos sekaligus memantau materi pelajaran disekolah.

KESIMPULAN : Dari artikel tersebut disimpulkan bahwa kita sebagai warga Indonesia harusnya bisa ikut andil dalam pengembangan menginovasi sumber daya melalui kecanggihan teknologi digital yang ada, sehingga pengelolaan sumber daya lahan, peternakan atau bahkan meningkatan sumber daya manusi yang berkualitas di Indonesia dapat optimal. Khususnya didaerah masing-masing termasuk kota yogyakata.
Aspek psikologis : Tujuannya masyarakat mampu menyebarkan ilmu tersebut pada masyarakat yang lain. Dalam teori psikologi yaitu teorinya trondike stimulus-Respon. Saat masyarakat mendapatkan stimulus diharapkan mampu merespon dan menyebarkan kepada masyarakat yang lain 
KELEBIHAN ARTIKEL : Gaya bahasa sangat mudah dipahami baik itu dari kalangan intelektual hingga masyarakat biasa (awam).

KEKURANGAN : Tidak dijelaskan mengenai apakah aplikasi tersebut mempunyai kekurangan/dampak negative yang bisa ditimbulkan bagi masyarakat atau bahkan tidak mempunyai kekurangan sama sekali. 


0 comments:

Post a Comment