11.6.17

RESENSI BERDISKUSI KEADILAN GLOBAL DI JERMAN



Berdiskusi keadilan global di jerman



 ↻



NURUL WIDIASTONI
163104101152
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
FAKULTAS PSIKOLOGI UP 45

                Sebanyak 400 mahasiswa dari 80 negara berkumpul untuk mengikuti international student week in ilmenau (ISWI) di technisghe universitat ilmenau, jerman , pada 12-21 mei 2017. Selama sepuluh hari, peserta berkumpul dan berdiskusi mengenai isu-isu global terkini yang membutuhkan solusi. Rangkaian acara di mulai dengan seminar dan diskusi panel. Diskusi kelompok di bagi menjadi empat sesi dalam sepuluh hari, dimana partisipan di pisahkan  sesuai dengan grup pilihan  masing-masing dan di beri kebebasan berekspresi.
                Misalnya presentasi kelompok tentang bagaimana mengenali berita hoaks di media sosial. Di harapkan warganet tidak sembarangan berbagi informasi yang belum di konfirmasi oleh sumber yang kredibel. Salah satu cara mengenali hoaks adalah dengan menelusuri arttikel dari sumber lain dan membandingkan isi berita keduanya. Cara lainya , melihat apakah artikel mencantumkan  fakta dari sumber  resmi yang terpercaya bukan sekedar opini penulis.
                Salah satu peserta mengungkapkan dorong dan cari orang-orang yang memiliki motivasi tinggi untuk membantu persiapan acara. Menurutnya ketika kita sudah menemukan orang-orang yang memiliki passion yang sama maka semuanya akan berjalan dengan sendirinya.
                Salah satu contoh topik terkini yang menjadi buah bibir masyarakat adalah isu terorisme, cyber crime, migrasi, integrasi, keadilan hak asasi manusia, kesetaraan gender serta media dan komunikasi.
Kelebihan artikel :
Artikel ini menjelaskan secara jelas dan singkat bagaimana susunan acara yang sedang berlangsung. Yang di susun dengan narasi yang bagus. Di samping itu diskusi ini sangat menarik karena membahas isu- isu hangat yang sedang di bicarakan. Menggunakan diksi yang mudah di pahami.
Kekurangan artikel :
-

H
Sumber :
Kompas, 9 Juni 2017, halaman 26. Oleh Annisa Dina Haryadiputri  Mahasiswi Hubungan International, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya , Malang

0 comments:

Post a Comment