10.6.17

Resensi artikel Pembubaran Tak Kurangi Demokrasi

Nama               : Ana Istiqomah
NIM                : 16.310.410.1126
Judul artikel    : Pembubaran Tak Kurangi Demokrasi
Nama penulis : NDY/HRS
Nama penerbit : Kompas
Tanggal terbit : 06 Mei 2017


Pemerintah saat ini sedang mengkaji pembubaran organisasi-organisasi kemasyarakatan anti  Pancasila. Pembubaran itu dimaksudkan menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, bukan untuk menghambat proses demokrasi di Indonesia.
Presiden Joko Widodo memastikan Indonesia merupakan negara yang demokratis. Prinsipnya, kegiatan ormas diperbolehkan sepanjang tidak mengganggu warga lain serta bisa menjaga keamanan dan ketertiban negara.
Mantan MK, Mahfud MD, mendukung rencana pemerintah menindak ormas anti Pancasila. Sebab, selain melanggar hukum, ormas semacam itu bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat dan mengancam kebinekaan Indonesia. Dia menambahkan, pembubaran juga perlu diberlakukan untuk ormas yang menerima dana dari lembaga asing yang terkait dengan terorisme atau radikalisme.
Nilai-nilai Pancasila sangat penting untuk diimplementasikan serta selalu dijaga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar persatuan Indonesia tetap terjaga. Karena Pncasila sebagi ideologi dan dasar negara terbukti mampu menjaga persatuan masyarakat Indonesia yang sangat beragam.
Menurut Syafii Maarif, adanya ketimpangan ekonomi membuat sebagian elemen masyarakat merasa terpinggirkan. Sehingga timbul sikap intoleran dan radikal. Selain itu, munculnya sikap tersebut juga dikarenakan adanya sekelompok masyarakat yang mengimpor paham-paham radikal dari luar Indonesai. Beberapa elemen masyarakat kemudian menjadikan paham-paham tersebut sebagai pedoman.
Kelebihan dari artikel ini adalah kembali mengingatkan pada para pembaca mengenai pentingnya Pancasila, untuk menjaga persatuan Indonesia. Serta memberi peringatan pada kita untuk lebih berhati-hati dan jeli bila ingin mengikuti organisasi.
Kekurangan dari artikel ini adalah tak dijelaskan sebenarnya apa itu ormas anti Pancasila  dan seperti apa.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa Pancasila masihlah tetap ideologi yang sempurna untuk Indonesia.  


0 comments:

Post a Comment