6.6.17

MERAIH KESUKSESAN BERKAT KEJUJURAN DAN KEULETAN



RESENSI ARTIKEL:
MERAIH KESUKSESAN BERKAT KEJUJURAN DAN KEULETAN


 
NAMA: I R W A N T O
NIM. 163104101125

TUGAS MATA KULIAH: PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UMUM
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Pertemuan dengan seorang tamu dalam sebuah perjalanan kapal pesiar dari Florida ke Washington DC, Amerika Serikat, 27 tahun lalu, membawa babak baru dalam hidup Dedy Sumardi. Pria yang mengawali karirnya sebagai resepsionis di kapal pesiar ini mendadak “naik tingkat” menjadi asisten operasional manager di perusahaan biro perjalanan dan perhotelan di Amerika Serikat. Setelah pindah ke perusahaan baru, dedy sering bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya. Prinsipnya, pekerjaan hari itu, harus selesai di hari yang sama sehingga tidak menumpuk di hari esok.
Setelah merantau di negeri orang selama 2,5 tahun. Dedy kembali ke Indonesia. Menyadari pentingnya pendidikan tinggi, dedy meneruskan pendidikan di sekolah tinggi pariwisata Bandung. Selepas menyelesaikan pendidikan, dedy kembali berkarier di perhotelan. Meski harus mengawali karier dari bawah, pengalaman bekerja di Amerika dan Italia membuatnya memiliki nilai tawar tinggi. Saya sering mengerjakan hal-hal yang diluar tugas saya, termasuk hal-hal remeh yang bahkan orang tidak melihat. Ternyata hal ini justru dilihat oleh para pemilik hotel yang kemudian tertarik mengajak saya mengelolah hotel mereka, “kata GM Corporate Kota satu Persada, Managing Hotel Allstay Semarang, Allstay Yogyakarta dan City One Express ini.
Saya tanamkan ke karyawan untuk jujur pada perusahaan. Uang yang harusnya masuk ke perusahaan, berikan ke perusahaan. Kalau pemasukan hotel tinggi, mereka akan dapat bonus yang lebih besar daripada jumlah uang yang ditilep sendiri. Ujar suami dari Mathilda Natalia Mangundap ini. Dedy juga menyadari, dalam mengelolah hotel tak bisa dilakukannya sendiri. Maka, ia selalu mengajak karyawan untuk ikut terlibat dan merasa memiliki hotel tempat mereka bekerja. Caranya dengan merangkul dan mendengarkan masukan dari para karyawan, termasuk yang berada di level terbawah, untuk perbaikan pengelolaan hotel.
Baru-baru ini, atas kinerjanya Allstay Hotel diganjar penghargaan Indonesia Hotel Awards 2017 kategori Modern Lifesttyle Hotel With Warm Hospitality dari Indonesia International Achievement Foundation, penghargaan diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri kepada Dedy, 13 Januari lalu.                               
             
Hal-hal yang negatif dalam penulisan opini yang berjudul Meraih Kesuksesan Berkat Kejujuran dan Keuletan yaitu dalam opini belum begitu jelas perjalanan kesuksesan dalam meraih impian. Kejujura n dan keuletan belum begitu nampak di jelaskan dalam kaitannya dengan kesuksesan kehidupan. Belum terdapat pengorbanan yang dialami, semuanya kesuksesan.    

Hal-hal yang positif dalam penulisan opini yang berjudul Meraih Kesuksesan Berkat Kejujuran dan Keuletan yaitu adalah:
1.      Memberikan suatu contoh kepada bawahannya walaupun hal-hal yang kecil dilakukan. Dalam meraih suatu kesuksesan perlu ada pengorbanan.
2.      Tidak ada kesuksesan tanpa adanya kerja keras dalam pekerjaan tersebut. Dalam opini ini sudah memberikan suatu contoh yang positif terhadap karyawan atau bawahannya.
3.      Memberikan contoh pendidikan karakter terhadap bawahannya.
4.      Menanamkan ke mereka atau karyawan untuk jujur pada perusahaan. Uang yang harusnya masuk ke perusahaan, berikan ke perusahaan. Kalau pemasukan hotel tinggi, mereka akan bonus yang lebih besar daripada jumlah uang yang ditelip sendiri.
              
Sumber:
Lau. (2017). Meraih Kesuksesan Berkat Kejujuran dan Keuletan, 20 Mei, Halaman 8. 

0 comments:

Post a Comment