12.5.17

YAYASAN BINA POTENSI YOGYAKARTA



Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Yayasan Bina Potensi merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang layanan bimbingan konsultasi dan tes psikologi. Lembaga konsultasi psikologi yang telah berdiri sejak tahun 1997 ini beralamat di Jl. Dr. Sutopo Gg. Sirkaya no. 7 A, Badegan, Bantul. Biro psikologi yang dimiliki oleh Bapak Mohhamad Ahsan ini melayani beberapa macam konsultasi psikologi seperti tes kematangan anak, tes intelegensi, tes bakat, tes Aptitude, Achievement Motivation Training Spiritual (AMTS), konsultasi individu, parenting, hipnoteraphy, hipno teaching, hipno parenting, rekomendasi bagi karyawan, surat pengantar bagi siswa inklusi, dan lain sebagainya.

Tes kematangan anak dan tes intelegensi ini diberikan kepada siswa TK (Taman kanak-kanak). Kegunaan dari tes kematangan adalah untuk mengetahui sejauh mana pengamatan benda, motorik halus, daya kritis, dan tingkat penyesuaian diri yang dimilki anak. Dimana kematangan anak akan mempengaruhi perkembangan anak pada tahap selanjutnya. Sementara tes intelegensi unuk mengukur tingkat intelegensi (IQ) yang dimiliki anak. Kedua macam tes ini dapat dilakukan baik secara individual maupun klasikal (kelompok), yang mana jenis penyajian tes juga mempengaruhi biaya dari kedua tes psikologi tersebut. Biaya tes kematangan dan tes IQ  di Yayasan Bina potensi ini dipatok dengan  harga Rp 15.000,00 per anak jika dilaksanakan secara klasikal minimal 10 anak. Meskipun bentuknya adalah klasikal (kelompok) akan tetapi pelaksanaan tes tetap dilakukan satu anak dites oleh satu tester (orang yang menyajikan tes psikologi). Jenis secara klasikal ini biasanya tim Yayasan Bina Potensi akan datang ke TK-TK yang menyewa jasa pengetesan psikologi. Sementara untuk tes secara individual sekitar Rp 25.000,00 dengan catatan anak datang sendiri ke kantor Yayasan Bina Potensi di Bantul. 


foto: yusna
Selain itu di Yayasan Bina Potensi Bantul juga melayani tes intelegensi pada siswa SD, SMP dan SMA/SMK dengan ditambah beberapa jenis tes psikologi lainnya. Pada tingkat SD biaya untuk tes intelegensi sebesar Rp 10.000,00 per anak. Sementara untuk tingkat SMP dan SMA/SMK terdapat tiga paket yang ditawarkan yaitu Paket I Rp 25.000,00 (IQ+Bakat), Paket II Rp 35.000,00 (IQ+Bakat+Kepribadian), dan Paket III Rp 40.000,00 (IQ+Bakat+Kepribadian+Minat). Harga tersebut adalah harga untuk pengadaan tes secara klasikal sementara harga individual atau yang datang langsung ke kantor akan berbeda dengan harga tersebut.  Kegunaan dari tes psikologi tersebut adalah untuk mengetahui minat, bakat, kreativitas, dan kepribadian anak. Selain itu juga dapat digunakan untuk penentuan kelas unggulan, seleksi siswa baru, penetuan study lanjut, dan penjurusan. Adapun hasil tes akan keluar 14 hari setelah pengetesan. Kemudian biaya untuk parenting sekitar Rp 350.000,00 setiap kehadiran, harga ini juga bisa berubah sesuai kesepakat antara pihak sekolah dan Yayasan Bina Potensi. Adapun biaya untuk konseling dihitung per jam antara RP 150.000,00 sampai dengan Rp 200.000,00.

 Sementara untuk biaya pengadaan Achievement Motivation Training Spiritual (AMTS) ada 4 paket yaitu Paket I seharga Rp 5.000,000,00 dengan fasilitas berupa game, pemutaran video, hipnoterapi, konseling hipnoterapi, spiritual, trainer, dan co-trainer. Paket II Rp 4.000.000,00 dengan fasilitas berupa game, pemutaran video, hipnoterapi, konseling hipnoterapi, trainer, dan co-trainer. Paket III seharga Rp 2.500.000,00 mendapatkan fasilitas berupa game, pemutaran video, hipnoterapi, trainer, dan co-trainer. Paket IV senilai Rp 1.500.000,00 berupa ice breaking,  hipnoterapi, trainer, dan co-trainer. Promosi yang telah dilakukan oleh Yayasan Bina Psikologi adalah marketing menawarkan jasa yayasan ke sekolah-sekolah dan mempromosikan melalui facebook.Selain itu juga sudah ada sekolah yang berlangganan. Bagi yang ingin menggunakan jasa psikologi dari Yayasan Bina Potensi ataupun bertanya-tanya bisa menghubungi ke nomor telepon (0274) 367045 / 085104421103 dan bisa juga datang langsung ke kantor Yayasan Bina Potensi di Bantul.


0 comments:

Post a Comment