5.5.17

STA SOUVENIR YOGYAKARTA




Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




foto: sasta
STA Souvenir merupakan usaha sampingan yang digeluti oleh Sasta Anindia Maharani sejak tahun 2014. Selain menjalani aktivitasnya sebagai mahasiswa disalah satu universitas di Yogyakarta, sasta mengerjakan usaha souvenir ini. Awalnya STA Souvenir baru melayani pembuatan amplop untuk lebaran. Amplop ini didesain dengan gambar karakter anak yang lucu dan disukai oleh anak-anak. Gambar karaktek anak tersebut antara lain frozen, cars, macquen, thomas, hello kitty, upin ipin, boboboiy, rilakuma, doraemon, prinsces disney, dan lain sebagainya. Sebelum bulan ramadhan Sasta sudah mulai mendesain amplop-amplop lebaran tersebut dan biasanya satu bulan sebelum lebaran sudah ada yang membeli amplop tersebut. Amplop ini di banderol dengan harga Rp 6.000,00 per pack  yang mana satu pack berisi 10 buah amplop. Selain itu terdapat harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak (reseller) dengan minimal pembelian 10 pack seharga Rp 5.000,00/pack. 

  
foto: sasta
Selain membuat amplop lebaran, saat ini STA SOUVENIR juga melayani pembuatan beragam souvenir untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara resmi maupun non-resmi lainnya seperti mug, gelas, kipas, tempat tissu, pisau, gantungan kunci, telenan, asbak, tasbih, handuk, dan lain sebagainya. Pemesanan souvenir di STA souvenir dilayani dengan minimal pemesanan 100 pcs, akan tetapi terdapat jenis souvenir yang bisa dipesan bijian atau eceran yaitu gelas dan mug. Harga dari masing-masing souvenir ini juga bervariasi sesuai jenis souvenir yang dipesan. Harga paling murah yaitu Rp 2.000,00 untuk minimal pembelian 100 pcs. Oleh karena itu semakin banyak kuantitas barang yang dipesan harganyapun juga akan semakin murah. Sementara untuk harga mug atau gelas yang dipesan eceran dibanderol dengan harga Rp 20.000 sampai dengan Rp 35.000,00. Waktu pengerjaan untuk pemesanan souvenir partai besar(jumlah banyak) kurang lebih 14 hari.
foto: sasta
Selain itu promosi yang dilakukan oleh Sasta untuk memperkenalkan usaha STA Souvenirnya ini, ia lakukan melalui media sosial seperti BBM, Facebook, dan lain sebagainya sehingga pembelinya sudah sampai ke Papua. Sementara untuk pemesanan Souvenir dari STA Souvenir sendiri bisa dilakukan dengan menghubungi nomor STA Souvenir di 085786588818/082243344878. Bagi yang berada di wilayah Yogyakarta bisa datang ke Wonocatur RT 12 RW 26 no. 76, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar