15.5.17

JUDUL RESENSI: PERENCANAAN STUDI LANJUTAN



JUDUL RESENSI:
PERENCANAAN STUDI LANJUTAN

TUGAS MATA KULIAH: PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
NAMA: IRWANTO
NIM. 163104101125
 


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UMUM
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Pendidikan kerap dipersepsikan sebagai salah satu investasi untuk meningkatkan kualitas seseorang. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti pendidikan strata 2 atau bahkan strata 3, mungkin menjadi tujuan keuangan banyak orang termasuk juga Anda. Perencanaan studi lanjutan sebaiknya dimulai dari memilih jurusan pendidikan yang diminati, baru pilihan universitas ditetapkan. Apabila tujuan keuangan ini mendapatkan prioritas yang utama dalam rencana keuangan, ada hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu seperti berikut:  
Pertama: Menentukan komponen biaya pendidikan. Persiapan biaya dapat disusun untuk memenuhi kebutuhan uang pangkal awal saja, atau untk memenuhi seluruh kebutuhan biaya, termasuk uang buku dan yang lainnya. Secara umum, biaya melanjutkan studi terdiri dari biaya persiapan, biaya universitas, serta biaya hidup selama studi.
Kedua: Jangka waktu, berikutnya adalah menentukan kapan kebutuhan biaya harus dipenuhi. Sisa jangka waktu yang dimilikisejak sekarang hingga jatuh tempo kebutuhan dana menjadi durasi persiapan dana pendidikan. Agak berbeda dengan persiapan dana pendidikan untuk anak. Dana pendidikan untuk melanjutkan kuliah lagi umumnya berjangka waktu pendek hingga menengah.
Ketiga: Menghitung kebutuhan dana pendidikan lanjutan. Berdasarkan biaya-biaya yang perlu dipenuhi dan berapa lama lagi kebutuhan tersebut akan terjadi, maka Anda dapat menghitung secara matematis jumlah kebutuhan dana pendidikan yang perlu dipersiapkan.
Keempat: Penentuan produk keuangan. Setelah mengetahui kebutuhan dana pendidikan lanjutan, langkah berikutnya adalah menentukan produk keuangan apa yang tepat untuk menabung dan investasi.
Kelima: Implementasi. Langkah terakhir dalam persiapan dana pendidikan adalah memilih strategi untuk penyisihan sumber dana. Untuk Anda yang bekerja dengan penghasilan tetap, metode terbaik adalah melakukan proses menabung da investasi secara berkala setiap bulannya. Dana ini dapat dialokasikan dari gaji bulanan dan idealnya hanya perlu alokasi sekitar 10 persen dari gaji.   
HINDARI BERUTANG, Untuk Anda yang bekerja dengan penghasilan yang tidak tetap atau variabel, maka saat mendapat penghasilan, alokasikan secara maksimal untuk langsung memenuhi kebutuhan investasinya. Perencanaan untuk kebutuhan dana pendidikan lanjutan sebenarnya cukup sederhana. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah, pertimbangkan dengan matang kemampuan finansial Anda. Saran saya, hindari berutang untuk memenuhi dana pendidikan. Alternatifnya, sumber pendanaan dari beasiswa, seperti dari pemerintah ataupun dari organisasi tertentu lebih disarankan.     

Referensi               
Ghozie, P. H. (11 Maret 2017). Perencanaan Studi Lanjut. Kompas. Terbit: Hari Sabtu. Halaman 6.         

0 komentar:

Posting Komentar