20.5.17

DESA - DESA DI PESISIR PANTAI UTARA JAWA TERANCAM TERENDAM

DESA - DESA DI PESISIR PANTAI UTARA JAWA TERANCAM TERENDAM
Oleh : Hanafi ( 153104101095) Psikologi Lingkungan 

PROGRAM OTAP " ORANG TUA ASUH POHON" DAPAT MEMBANTU MENCEGAH ABRASI PANTAI

Dengan perkembangan zaman dan teknologi serta meningkatnya jumlah penduduk telah mengakibatkan peningkatan kebutuhan dasar langsung maupun tidak langsung. Proses pembangunan di salah satu pihak mengalami permasalahan pada satu pihak dituntut pada peningkatan kebutuhan hidup, di lain pihak Sumber Daya Alam (SDA), sangatlah terbatas, sehin
gga tatanan hidup masyarakat semakin kurang dari kesejahterahan baik kesejahterahan ekonomi maupun lingkungan yang sehat.

Sementara pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), di kawasan pesisir selama ini cenderung kurang meningkat, itu disebabkan oleh banyak hal misalnya; kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan pantai dan penjagaan hutan pantai yang telah ada
      Sebagai dampak tersebut menyebabkan rusaknya tatanan ekosistem dan ekologi  baik di darat maupun di laut, seperti terjadinya abrasi dimana-mana dan pencemaran lingkungan yang  sudah di luar ambang batas,  akibat ekosistem kawasan hutan lindung baik di darat maupun di laut yang berfungsi sebagai ruang terbuka Hijau, pohon peneduh kayu keras lainya untuk daerah rasapan air serta kawasan hutan Mangrove sebagai Greenbelt dan filter untuk menangkal abrasi dan menyerap sumber polutan zat pencemar baik yang sudah berumur ratusan tahun maupun yang baru ditanam saat ini habis di tebang dan dirusak untuk kepentingan ekonomi sesaat, itu di sebabakan karena tidak adanya pengawasan dari pemerintah, kurangnya sosialisasi dan pembinaan dikalangan masyarakat pesisir tentang penghijauan pantai.
      Penguatan kelompok masyarakat serta pembelajaran usaha-usaha produktif contohnya cara berbudidaya pertambakan dan juga nelayan  dengan pemeliharaan tanaman bakau atau mangrove dan juga hutan pantai,   terkadang  di karenakan faktor Sumber Daya Manusia (SDM),  yang kurang mendukung. Melihat fakta keadaan lingkungan dilapangan seperti artikel diatas maka seluruh elemen harus ikut bertanggungjawab memelihara. Peran industri  seperti liputan  berikut :
Jakarta, Seruu.com -  PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan penanaman 10,000 pohon bibit mangrove dan pengadaan 100 tempat sampah organik dan non organik di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Program penanaman pohon di Pulau Pramuka ini diharapkan mengikuti kesuksesan program OTAP (Orang Tua Asuh Pohon)  yang dilaksanakan di area pesisir Desa Sedari, Kabupaten Karawang. Program pelestarian lingkungan ini melibatkan seluruh karyawan dan keluarga PHE ONWJ. Selain bertujuan memperbaiki kualitas lingkungan hidup, penanaman mangrove ini juga diharapkan bisa menghidupkan perekonomian penduduk yang tinggal di wilayah pesisir tersebut.
 

Sumber :
http://esdm.seruu.com/read/2012/11/24/131087/jaga-keseimbangan-lingkungan-phe-onwj-tanam-10000-bibit-mangrove


0 comments:

Post a Comment