1.5.17

Artikel Mencegah Kebablasan Demokrasi


Oleh :
Suci Indah Permata Sari
163104101137
Psikologi Industri dan Organisasi
Judul Artikel       : Mencegah Kebablasan Demokrasi
Penulis                 : Ali Rido
Penerbit              : Kompas
Tanggal terbitan : 25 Maret 2017
Tema                     : Demokrasi
Ringkasan :
                Akibat gerakan ekspresif tetapi kental anarkis sehingga demokrasi pada saat ini juga cenderung memberikan tekanan pembangunan pada lapisan negara, sehingga demokrasi pada saat ini dapat dikatakan hanya berfokus pada kebebasan dan mengabaikan kebebasan. Demokrasi Indonesia seharusnya dapat diarahkan pada kedua hakikat yaitu terdorongnya fungsi pembangun dalam pembentukan nilai-nilai dan pentingnya hakikat kehidupan manusia, contohnya negara RRC salah satu negara yang sukses membawa nilai demokrasi ke taraf kesejahteraan yang lebih baik itu terjadi dikarenakan RRC membangun internalisasi atas nilai dan kultur demokrasi hanya pada lapisan kebebasan dan elitis, sementara negara yang gagal justru menyuburkan demokrasi hanya pada lapis kebebasan dan elitis.
                Pemerintah bersama jaringan organisasi non pemerintah secara proaktif bekerja mendampingi masyarakat agar memperoleh hak dan menunaikan kewajibannya secara imbang, artinya ketika masyarakat sudah menentukan pilihannya mereka sekaligus akandiikat oleh suatu kewajiban.Hakikat demokrasi adalah mengantarkan suatu bangsa untuk dapat menikmati kesejahteraan sosial. Meski demikian, penting untuk menjadi catatan penting yaitu mewujudkan kesejahteraan dalam demokrasi jangan sampai terjebak pada rezim demoriter (bentuk demokratis tetapi isinya otoriter). Sehingga demokrasi adalah sarana untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan menciptakan kesejahteraan merupakan sebuah keniscayaan untuk mewujudkan.
Keunggulan :  Topik yang diangkat sangat bagus karena berkaitan tentang demokrasi negara. Mendeskripsikan dengan baik sehingga pembaca tertarik untuk membaca apa yang ditulis.
Kelemahan : penulis banyak menggunakan kata-kata politik sehingga orang awam yang membaca yang tidak cukup mengerti politik sedikit sulit untuk mengerti pembahasan tersebut.

Saran : penulis menulis dengan menggunakan bahasa yang ringan sehingga orang awam juga bisa mengerti pembahasan yang diangkat tidak menggunakan bahasa politik yang mungkinsedikit orang dapat mengerti pembahasan.

0 comments:

Post a Comment