16.4.17

Tanah Longsor Adalah Masalah Kita

Tanah Longsor Adalah Masalah Kita
Oleh : Siti Asmaul Husna
( 153104101111)
Psikologi Lingkungan

Tanah longsor telah membuat resah warga Banjarnegara, Jawa Tengah. Pada hari Selasa, 13 Desember 2017, data kantor Sekretariat Desa Gumingsir menyebutkan terdapat sejumlah rumah yang berada di atas Sungai Merawu rusak karena adanya pergerakan tanah yang berbarengan dengan turunnya hujan dengan deras selama berhari-hari. Sebanyak 39 jiwa terpaksa diungsikan ke rumah kerabat atau saudara yang lebih aman. Rumah-rumah warga tersebut mengalami retak-retak, baik di bagian di dinding atau lantai rumah, bahkan 9 rumah diantaranya terpaksa harus dibongkar karena dalam kondisi kerusakan yang parah dan membahayakan untuk ditempati. (Kedaulatan Rakyat, 14 Desember 2017, hal. 14)
Longsor atau gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan massa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Penyebab utama tanah longsor adalah adanya erosi tanah yang diakibatkan curah hujan yang tinggi. Erosi tanah dapat mengakibatkan menipisnya lapisan permukaan tanah bagian atas, yang akan menyebabkan menurunnya kemampuan lahan (degradasi lahan) dan menurunnya kemampuan tanah untuk meresapkan air (infiltrasi) sehingga tebing atau lereng yang curam akan longsor.
Salah satu pencegahan longsor dapat dilakukan mulai sekarang yaitu dengan mengurangi penebangan pohon. Pohon berfungsi untuk menyerap air dan penguat tanah, sehingga walaupun dengan curah hujan yang tinggi sekalipun, kejadian tanah longsor dapat diminimalisir.
Sumber :

Mad. 14 Desember 2017. Warga Minta Segera Dilakukan Relokasi. Kedaulatan Rakyat. Yogayakarta.

0 comments:

Post a Comment