15.4.17

STRES DENGAN TUGAS KULIAH



ARTIKEL PSIKOLOGI UMUM II
 
STRES DENGAN TUGAS KULIAH
By : Yusuf Wardana
(163104101130)

Sebagai seorang mahasiswa yang juga sebagai karyawan. Tentu saja aktifitas sehari –hari begitu padat dan melelahkan. Setelah seharian bekerja, sore harinya harus masuk mengikuti kegiatan kuliah. Sering stress melanda karena adanya tuntutan pekerjaan dan tugas kuliah dari dosen yang beraneka ragam serta aneh – aneh dan banyak tentunya. Aktifitas itu mebuat hari – hari penuh warna atas ketidak nyamanan itu semua, karena memikirkan tugas – tugas tersebut. Tetapi itu semua sudah menjadi konsekuensi sebagaia seorang mahasiswa yang juga harus sambil bekerja.

Seseorang bisa dikatakan mempunyai mental yang sehat yaitu salah satunya harus berani mengambil resiko atau bukan hanya diam di zona yang aman tetapi berani keluar yang tidak aman.
Contohnya diatas tadi “seorang karyawan yang sudah nyaman dengan hidupnya sok – sokan masuk kuliah”.

Skiner berpendapat bahwa setiap suatu tindakan yang kita lakukan ada konsekuensinya. Penghargaan untuk tindakan yang benar dan hukuman untuk yang salah. Tindakan yang ingin mendapat penghargaan akan menjadi suatu kebiasaan dan secara tidak disadari kebiasaaan lama akan hilang.

Douglas MCGregor ( 1906 – 1964 ) dalam asumsi teori motivasi klasiknya yang dibagi menjadi teori asumsi X dan teori asumsi Y. Dalam asumsi teori X, karyawan pada dasarnya tidak suka bekerja dan bila mana memungkinkan ia akan menghindar dari keharusan bekerja. Karena karyawan itu tidak suka bekerja, maka mereka harus dipaksa , dikontrol, atau diancam dengan hukuman agar bisa berprestasi. Sementara itu asumsi toeri Y, karyawan bisa memandang suatu pekerjaan sebagai suatu hal yang wajar dan alami , seperti halnya memandang konsep – konsep seperti istirahat, bermain, dan sebagainya. Karyawan mampu mengarahkan dirinya sendiri dan mempunyai kontrol diri yang tinggi. Karena mereka adalah karyawan yang mempunyai komitmen terhadap tujuan organisasi.


“Sumber : Teori Motifasi Klasik. SAP Psi. Umum 1. Kul 8.
                 Operant Conditoning. SAP Psi Umum 2. Kul 5.



0 comments:

Post a Comment