22.4.17

resensi pio limbah pabrik masuk ke permukiman


MENERTIBKAN LIMBAH PABRIK
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
16.130.140.1158
 ASEP SINGGIH WIJANARKO

Judul artikel              : Limbah Pabrik Mengaliar ke Permukiman
Penulis                        : (usm)
Penerbit                     : Tribun Jogja
Tangal terbit             : 19 april 2017
Halaman                   : 6

   Di bangunya pabrik penyamakan kulit di desa Srimulyo, Kecamatan Pyungan, Kabupaten Bantul kini menimbulkan masalah terhadap warga sekitara aliran pembuangan limbah pabrik. Pasalnya limbah pabrik penyamakan tersebut bocor dan mengalir ke saluran air sekitar rumah warga.
   Warga setempat telahy bmencoba menambal aliran  limbah yang bocor tersebut dengan olahan semen, namun tanpa di ketahui warga aliran limbah pabrik tersebut kembali jebhol, sehingga  warga Rt 2 dusun banyakan II. desa Srimulyo akhirnya menutup paksa saluran pembuangan limbah pabrik tersebut lantaran kesal. Sejak di bnangunay pabrik penyemakan kulit di desa srimulyo telah warga telah langsung merasakan dampaknya.
    Pihak Pbrik dan warga serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Telah melakuakan  audiens untuk mencari solusi, pihak pabrik penyamakan kulit berjanji untuk mkencariakan solusi  janji tersewbut tak kunjung di tepat i sehingga warga melakukan aksi penutupan paksa aliran pembuangan limbah pabrik tersebut.
   Staf Asiosasi Penyamakan Kulit Indonesia (APKI). Haryono membantah limbah p[abrik tersebut tidak memenuhui standar bakau mutu di karenakan alasan pembangunan pengelolan air limbah membutuhkan biyaya besar. Kini APKI dan DLH berkomunikasi untuk membangun pipainisasi sepanjang 650 meter dan memerlukan biyaya “sebesar lebih dari Rp 200 – 300 juta” .
  Pembangunan pipanisasi  tidak akan memecahkan masalah di karenakan air pipanisasi yang dibangun lewat saluran irigasi bisa mencemari tanamkan. Satu – satunyacara ialah membangun sistem pengelolan limbah sesuai setandar ujar Kepala Bdang Penatan Hukum dan Pengembangan Kapasitas BLH bantul Sukanto.
  Pembangunan industi memang dapt membawea kemajuan serta membuka lowongan pekerjaan dan menigkatkan hasil industri. Namun jika tidak di perhtiakan dan di dikaji secara menyeluruh pembangunan industri malah akian menimbulkan kerugian bagi warga sekitar dikarenakan kuarngnya standarisasi dalam pengolahn industri limbah misalnya.
 Pemerintah daerah serta lembaga berwenang soal tata lingkumgan harus menegakan peraturan tentang baku mutu dan standar pengeliolaan limbah bagi industri. Pabrik di wajibkan memiliki pengelolan limbah yang standar sendiri atau bisa bersama dinas terkait membangun ruang pengeloan limbah yang dikelola bersama-sama sehiga tidak merugikan warga sekitar industri.

0 comments:

Post a Comment