22.4.17

Resensi pembangkit listrik tenaga hybrid


 PLTH SOLUSI KEBUTUHAN LISTRIK WARGA
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.130.140.1158
Judul artikel                   : Keberadan PLTH Pantai Baru Agar Bermanfaat bagi Warga
Penulis                           : (Jdm)-a
Penerbit                        : Kedaulatan Rakyat
Tanggal terbit               : 19 april 2017


     Energi adalah hal yang paling penting untuk mengerakan ekonomi warga dan negara, dimanapun tanpa terkecuali. Suatu negara yang mengalami Kekurangan energi akan berdampak pada perekonoimian serta kemajuan negaranya yang berdampak pada warga negaranya .
  Negarara dengan sember daya alam yang besar juga tidak terlepas dari ancaman krisis energi  jika pengelolan dan pemanfaatan energi alam sepertienergi dari fosil secara berlebihan akan berdampak pada lingkungan serta energi dari fosil juga akan habis pada waktunya.

    Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) bisa jadi solusi,hal ini yang coba di kembangkan oleh Kementrian Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yang mencoba mengoptimalkan Pembangkit listrik Tenaga Hybrid (PLTH) dan tenaga surya yanng berada di kawasan pantai baru srandakan bantul agar dapat bermanfaat bagi warga setempat.
   Menurut kemen Ristekdiktik Prof Muhamad Nasri kini kementriannya dan berbagai  institusi serta pihak pemerintah DIY berupaya terrus mengembangkan dan mengoptimalkan pembangk listrikit PLTH ini agar dapat bermanfaat bagi warga dan juga industri pariwisata. Tidak hanya itu PLTH juga dapat meningkatkan perekonomian nelayan serta pengembangan kuliner di darerah wisata tersebut sehigga perekonomian warga sekitar menugkat.

  Kendala yang di hadai pengoprasian PLTH ini ialah kurangnya perawatan terhadap PLTH tersebut sehinga kinerja plth tidak optimal misalnya pada alat pembangkit Kincir nangin yang mengalai kerusakan 20% dari 36 pembangkit listrik kincir angin. Kendala lainya ialah masalah terhadap penyimpanan energi atau baterai yang kurang mapu menimpan energi listrik yang di hasilkan PLTH.
  Untuk mengatasi masalah tersebut berbagai instistusi berbagai Perguruan Tinggi di indonesia seperti ITB Bandung,UMS Surakart, uny Yogyakarta serta ITS Surabayasedanga berupaya mengembangkan Batrai penyimpanan energi agar dapat meningkatkan penyimpanan energi yang di hasilkan PLTH pantai baru Bantul.
  Keberadan PLTH ini juga akan di jadikan laboraturium  perguruan tinggi yang pelaksanananya bekerja sama dengan UGM. Nantinay PLTH ini juga akan di kembangkan dan di tempatkan di daerah timur indodnesia yang memeang m asih minim pasokan listrik sehingga PLTH ini akan bermanfaat bagi warga.

    Usaha yang dilakukan pemerintah uintuk mencari dan mengembangkan sumber energi alternatif patut di apresiasi,penigkatan wisata dan perekonomian warga sangat tergantung terhadap energi yang mencukupi, pengembangan PLTH kedepanya diharapkan bisa menguntungkan warga serta jumlah PLTH di tingkatkan serta di tambah jumlahnya s ehingga pemerintah tak terlalau tergantung terhadab energi tak terbarukan sepeerti batubara dan minyak bumi.
 Di resensi oleh : Asep singgih wijanarko.

0 comments:

Post a Comment