22.4.17

RESENSI KORAN KOMPAS : INDUSTRI KREATIF UNTUK MEMAJUKAN PARIWISATA

RESENSI KORAN KOMPAS

NAMA & NIM                                  : SITI HANIFAH (16.310.410.1151)
JUDUL ARTIKEL                             : Industri Kreatif Untuk Memajukan Pariwisata.
NAMA PENULIS                             : (ACH)
TANGGAL TERBIT                         : Kamis, 23 Maret 2017

SINOPSIS ARTIKEL         
Hubungan industri pariwisata dan industri kreatif saat ini semakin erat. Pariwisata telah menjadi salah satu obyek vital atau katalis dalam pertumbuhan ekonomi di dunia. Dalam beberapa dekade terakhir, banyak negara yang memanfaatkan sektor pariwisata sebagai soft marketing untuk mempromosikan negaranya. Salah satu cara agar soft-marketing itu menarik hati adalah memanfaatkan industri kreatif yang saat ini berkembang pesat.
Industri kratif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan krativitas yang berasal dari bakat individu yang mampu menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan mengeksploitasi daya kreasi, dan daya cipta individu. Dalam hal pariwisata contohnya band/musik terkenal yang akan diadakan disuatu negara nampak banyak wisatawan yang akan berkunjung kenegara tersebut tentu mampu meningkatkan devisa negara itu dari sisi pariwisata. Contoh lain bali yang dijadikan latar tempat dalam film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Robert, banyak agen tur yang kemudian memanfaatkan kesempatan itu dengan membuat paket perjalanan sesuai dengan tempat-tempat di film itu. Hal ini membuat turis yang datang ke bali semakin banyak. Apalagi sekarang film korea yang digandrungi para remaja Indonesia tentu mereka ingin datang ke korea. Karena musik dan film penjualan tiket transportasi akomodasi dan segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan wisata dapat mengalami peningkatan signifikan. Ajang pameran wisatapun mesih menjadi tujuan utama bagi para wisatawan untuk mendapatkan beragam promo wisata yang bisa semakin memudahkan mereka mendekati para idolanya    
Industri pariwisata telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Diantaranya destinasi yang semakin beragam, obyek pariwisata dan sarana pendukungnya, serta pertumbuhan hotel dan resor. Selama ada event/pameran besar disuatu daerah/ negara tentu sejumlah badan promosi pariwisata (NTO) internasional dan domestik akan hadir untuk berpromosi dan memberi informasi terbaru tentang destinasi pariwisatanya kepada seluruh pengunjung. Lewat pameran calon turis baik perorangan maupun rombongan bisa bernegosiasi langsung dengan peserta pameran. Apalagi musim liburan pertengahan tahun tentunya para wisatawan sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk berwisata tentunya untuk memperhitungkan dana tiket pesawat dan akomodasi.   

HAL YANG PENTING DALAM ARTIKEL
Hubungan industri pariwisata dan industri kreatif saat ini semakin erat. Pariwisata telah menjadi salah satu obyek vital atau katalis dalam pertumbuhan ekonomi di dunia. Industri pariwisata telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Diantaranya destinasi yang semakin beragam, obyek pariwisata dan sarana pendukungnya. Industri kratif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan krativitas yang berasal dari bakat individu yang mampu menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan mengeksploitasi daya kreasi, dan daya cipta individu. Kolaborasi dari industri pariwisata dan industri kreatif Contonya band/musik terkenal yang akan diadakan disuatu negara pasti dampaknya banyak wisatawan yang akan berkunjung kenegara tersebut tentu mampu meningkatkan devisa negara itu dari sisi pariwisata. Keduanya sama-sama diuntungkan
        Dari aspek psikologi : Definisi dari Abraham Maslow. Maslow membedakan antara " kreativitas aktualisasi diri “ kreativitas talenta khusus”. Orang – orang dengan kreativitas talenta khusus memiliki bakat atau talenta kreatif yang luar biasa dalam bidang seni, sastra, musik, teater, sains, bisnis, atau bidang lainnya. Orang – orang ini bisa saja menunjukkan penyesuaian diri dan aktualisasi diri yang baik, tetapi mungkin juga tidak. Orang – orang kreatif yang mampu mengaktualisasi diri adalah sehat mental, hidup sepenuhnya dan produktif, dan cenderung menghadapi aspek kehidupannya secara fleksibel dan kreatif. Implikasi dari pembedaan antara keduanya krativitas aktualisasi diri dan kreativitas talenta khusus adalah penekanan pada pentingnya ciri – ciri afektif dari kreativitas, ciri kepribadian, sikap, motivasi, dan predisposisi untuk berpikir kreatif.

KESIMPULAN : Cintailah budaya dan wisata Indonesia yang juga merupkan asset Negara. Paling tidak jagalah kebersihan jika kita berwisata, itu sudah merupakan bentuk kecintaan kita akan negri ini.
KELEBIHAN ARTIKEL : Gaya bahasa mudah dipahami. Penulisannyapun runtut
KEKURANGAN : Lebih dipertegas lagi pesan untuk pembaca





0 comments:

Post a Comment