23.4.17

RESENSI KELOLA SAMPAH SECARA BERKELANJUTAN



KELOLA SAMPAH SECARA BERKELANJUTAN
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Psikologi Industri dan Organisasi

sampah mengancam kawasan Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, seiring semakin mengeliatnya sector pariwisata diwilayah itu. Karena itu perlupengelolaan sampah secara berkelanjutan sehingga kelestarian alam tetap terjaga dan terus menjadi magnet wisata. Kepala Seksi Sosial dan Lingkungan Hidup Kecamatan Karimunjawa Mukhlisin menuturkan, sosialisasi tentang pengelolaan sampah secara berkelanjutan dilakukan antara lain dengan pemanfaatan untuk daur ulang.
Kekurangan : tidak adanya kesadaran sektor pariwisata, rumah tangga dan aktivitas pelayaran membuat karimunjawa menjadi kotor dan tidak bagus untuk dipandang mata. Sementara pengelola wilayah sudah mengajak warna bahkan anak sekolah untuk membantu mfembersihkan dilingkungan mereka.
Kelebihan :
1.       beberapa pemerintah didaerah Karimunjawa yang mfendukumg kegiatan mengelola sampah terutama sampah plastic untuk didaur ulang,
2.       untuk berjalannya kegiatan mengelola sampah untuk didaur ulang pemerintah memperkuat dengan nota peringatan tertulis yang telah disepakati oleh beberapa instansi pemerintah disekitr Karimunjawa.
3.       Bagaimana cara menyadarkan penduduk sekitar Karimunjawa jangan menjadikan sampah sebagai musuh melainkan sebagai sahabat sendiri, dengan demikian ada dorongan untuk menjadikan sampah khususnya plastik, untuk bisa didaur ulang.
Kesimpuan : dengan adanya kerjasama antara pemerintah dan peduduk sekitar Karimunjawa mengenai pengelolaan sampah agar tidak mencemari tempat wisata Karimunjawa akan menjadikan tempat wisata Karimunjawa sebagai salah satu untuk liburan dan  tetap terjaga keindahannya, tetap menjadi tujuan utama untuk dikunjungi oleh wisatawan.
Sumber : Kompas, Sabtu, 25 Maret 2017

0 comments:

Post a Comment