22.4.17

RESENSI BECAK KAYUH TERANCAM PUNAH

BECAK KAYUH SEMAKIN MENDEKATI KEPUNAHAN
Asep singgih wijanarko (16.130.140.1158)
Psikologi inddustri dan organisasi
JUDUL ARTIKEL                  : BECAK KAYUH SEMAKIN MENDEKATI KEPUNAHAN
PENERBIT                             : Tribun Jogja
NAMA PENULIS                   : (dnh)
TANGGAL TERBIT               :19 APRIL 2017


     Becak merupakan salah satu alat transportasi khas serta merupakan ikon daerah istimewa yogyakarta. becak juga merupakan kendaraan paraiwisata bagi wisatawan yang berkunjung ke yogyakarta. Selain ramah lingkungan becak juga merupakan alat transportasi masalalu yang masih bertahan hingga sekarang.
    Namun kini keberadaan becak kayuh di DIY semakin ter pinggirkan oleh alat tramnsportasi yang lebih moderen, keberadaan becak kayuh tergusur oleh bentor atau becak motor. Becak motor adalah sepedamotor yang di modifikasi bagian depan dengan di beri bagian depan becak,hal ini membuat becak kayuh semaki9n kalah bersaing dalam mendapatkan pernumpang,menghkin para penumpang mengangap betor lebih cepat dari pada becak kayuh.
   Keadaan ini memebuat para penarik becak kayuh dalam kondisi sulit kini. Apalagi bagi para penarik becak yang tidak memilliki becak sendiri alias menyewa. Para penyewa becak ini harus bekerjakeras dan harus rajin mencari penumpang karena harus mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari-hari serta juga buat membayar sewa becak mereka perharinya.
   Hal ini juga yang dihadapi oleh para pengusaha persewaan becak seperti becak Rewulu, mereka mengakui bahwa saat ini becak memeang harus bersaing keras dengan alat transportasi lain yang ada. Para penarik becah harus mempunyai mental baja,harus mempunyai niat dan kerjakaeeras untuk bersaing keras dengan alat taransportasi lain saat in,i ujar kristini dan sudarman pemilik becak trewulu.
  Keadaan ini juga berimbas kepada para bengkel pembuat becak kayuh. Seperti di bengkel sinarlaut yang berpuluh-puluh tahun memproduksi becak kayuh di bengkelnya di bantul. tak banyak yang  dikerjakan di bengkel ini karna semakin mengurangnya peminat becak kayuh yang ber imbas pada sedikitnya pesannan pembuatan becak kayuh yang semakin  sedikit.
   Melihat fenomena ini Pemerintah daerah (pemda) Daerah istimewa yogyakarta (DIY)  tidak tinggal diam untuk mengatasi persoaln becak yang hampir hilang dari jogja. Pemerintah yogya tengah menyiapkan disain untuk becak kayuh agar tidak hilaang di jogjakarta. Disain seperti mempercantik becak atau mengunakan teknologi yang dipakai di becak kayuh seperti becak listrik dll.
     Keadan –keadan yang dialami para penarik becak kayuh dan para pengusaha yang berkecimpung di bisnis becak saat ini memang sulit keadaan ini memaksa mereka harus bekerja keras dalam menjalankan bisnisnya.becak kayuh seharusnya memang harus di pertahankan dan di lestarikan keberadaannya agar tidak hilang dari kota jogja.
    Pemerintah daerah jogja memenag telah merencanakan sutu disain agar becak kayuh ini tewtap bertahahan. Kerberadan becak saat ini kalah bersaing di jalan raya dengan kendaran bermotor,merewka tidak memeiliki ruang khusus untuk beoprasi. Mungkin hal ini yang harus di realisasikan oleh pemda agar becak kayuh punya tempat oprasional khusus seperti di termpat – tempat wisata tertentu agar mereka bisa leleuasa mencari penumpang di tempat – tempat tersebut dan  tidak kalah bersaing derngan alat transportasi lain apalagi ojek online dan beetor. Keberadan betor memang sebagai kemajuan jaman namun harus memperhatuikan keselamatan berkendara dan berlalulintas dfi jalalan raya . peraturan tentang kendaraan harus di ntepati dan di teggakkan agar tidak ada pelangaran lalulintas yang berakibat kerugian para penguna transportasi tersebut.



0 comments:

Post a Comment