22.4.17

REFERENSI KORAN KOMPAS : GP ANSOR TERUS KAWAL KEBINEKAAN



REFERENSI KORAN KOMPAS
GP Ansor  Terus Kawal Kebinekaan

Nama                    : Yusuf Wardana
NIM                      : 163104101130
Judul Artikel         : GP Ansor  Terus Kawal Kebinekaan
Nama Penulis        : IVV
Tanggal Terbit       : 19 april 2017



     Gerakan Pemuda Ansor Nahdatul Ulama bersiap sedia untuk mengawal kebinekaan dan melawan kelompok yang perusak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Barisan Ansor Serbaguna selalu berada di barisan terdean ketika Indonesia menghadai ancaman dari siapa pun.

    Yaqut mengatakan, GP ansor melaksanakan apel kebangsaan untuk besiaga karena ada yang menganggap Negara Indonesia ini tagut dan kafir. Yaqut menekankan, banser memiliki keberanian untuk menjaga tegaknya Indonesia dan menjaga tegaknya kebinekaan. Hal ini sama dengan apa yan diwariskan oleh para kiai. Mengikuti warisan para kiai harus didasarkan pada kesabaran meski harus dicaci-maki dan ditertawakan. Banser tidak akan memulai memukul.

     Katib aam PBNU Yahya Cholil Staquf meminta Banser meraatkan barisan dan mematuhi aba-aba karena Banser dilatih untuk menjaga Negara serta mencegah kerusakan. Banser bukan gerombolan gagah-gagahan, bukankumulan pecundang peradaban. Banser bertindak saat diperlukan, bergerak dengan ukuran, mengarah tepat sasaran. Irama sesuai aba-aba.

    Kemenangan atau kekalahan Banse bukan demi pribadi atau kelomok,melainkan demi semua, termasuk mereka yang memusuhi karena terjebak angkara dan kebodohan. Bekal utama Banser adalah kebersihan hati dan jemawa serta kelapangan dada menghadapi si bodoh dan si dengki.

      Dari atrikel ini kita mendapat pelajaran tentang mempertahankan kebinekaan dan keutuhan NKRI itu adalah kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia, agar Negara yang kita cintai ini tidak di tindas atau di hina oleh bangsa lain atau masyarakat yang tidak mempunyai rasa cinta tanah air yang kita cintai ini. Dan kita mendapat ilmu tentang sabar, tetap betahan, pantang menyerah, tidak mudah terpengaruh, semangat, dan ketulusan.


0 comments:

Post a Comment