14.4.17

PENGARUH PERGAULAN ANTAR TEMAN TERHADAP KEGIATAN HURA-HURA

ARTIKEL : PSIKOLOGI UMUM II

PENGARUH PERGAULAN ANTAR TEMAN TERHADAP KEGIATAN HURA-HURA
Oleh                : Chatu Septiana
NIM                : 16.310.410.1155
Fakultas           : Psikologi
Universitasi Proklamasi ’45 Yogyakarta

Kemajuan teknologi dan globalisasi membuat semua makhluk hidup di dunia ini dituntut untuk mengikuti segalanya. Segala kebutuhan dan sarana-prasarana hiburan telah tersedia bagi penikmatnya. Belakangan ini maraknya kegiatan para remaja (baca: anak kuliahan) yang melakukan beberapa hal yang membuat diri mereka merasa senang, puas dan bahagia. Kebanyakan dari mereka tidak memperhatikan dampak dan apa kegunaan dari kegiatan yang mereka lakukan. Kegiatan tersebut meliputi belanja di pusat perbelanjaan seperti mall dan butik, jalan-jalan, karaokean, nongkrong dengan obrolan tidak penting di kedai atau kafe, dan yang terakhir adalah ke dunia hiburan malam.
Hal tersebut dipengaruhi oleh ligkungan serta pergaulan antar temman yang semakin menguat dan menganggap kegiatan mereka paling benar. Hal tersebut cenderung ke kegiatan negatif adalah ketika tugas mereka harusnya belajar dan menuntut ilmu, namun hanya kegiatan yang tidak seharusnya dilaksanakan. Pengaruh dari lingkungan atau teman sepergaulan membuat seseorang menjadi menganggap dirinya paling benar. Hal ini sudah merambah pada sifat egosentrisme pada remaja. Santrock (2007:122), mendefinisikan egosentrisme remaja sebagai kecenderungan remaja untuk menerima dunia dan dirinya sendiri dari perspektif mereka sendiri. Dalam hal ini remaja mulai mengembangkan suatu gaya pemikiran egosentris.
Dari kasus di atas dapat disimpulkan bahwa pergaulan antar teman dapat mempengaruhi pola hidup tseseorang yang membuat dirinya cenderung egois dan memikirkan bahwa kegiatan dalam hidupnya adalah bersenang-senang. Kegiatan hura-hura ini dapat dijumpai di kafe, mall, ataupun tempat hiburan yang kemungkinan 90% dari mereka adalah mahasiswa.
Sumber:

Santrock, J.W. (2007). Remaja (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

0 comments:

Post a Comment