12.4.17

OPTIMISME MERUNTUHKAN KEGAGALAN MENJADI KEBERHASILAN

ARTIKEL PSIKOLOGI UMUM
PENLIS : FATKHUL AZIZ
NIM  : 16.310.410.1141

OPTIMISME MERUNTUHKAN KEGAGALAN MENJADI KEBERHASILAN
                Sering kita alami dan kita rasakan  dalam kehidupan sehari  hari untuk melakukan aktifitas atau merencanakan sesuatu selalu dibayangi  atau dihantui oleh kegagalan .yang mengakibatkan kita malas untuk melakukan aktifitas itu ,dan apabila gagal dalam melakukan kegiatan kita enggan untuk mengulangi nya rasa pesimis yang ada dalam pikirannya,
                Sebenarnya kalau kita bisa mengubah rasa pesimis menjadi optimis dalam pikiran kita bahwa kegagalan adalah guru besar atau pengalaman yang paling berharga bagi kita untuk memperbaiki  kekurangan kekurangan yang terjadi,jadi kegagalan diartikan sebagai sebuah media introspeksi  terhadap perjuangan yang telah kita lakukan selama ini dengan demikian kita akan mengenali kekuatan kita  dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
                Menurut” PAUL .G. STOLTZ mengatakan ada tiga type manusia dalam analogi mendaki gunung dalam bukunya yang berjudul ADVERSITY QUITIEN[A Q]”
                1.QUITTERS
                Orang yang mudah menyerah sehingga kehidupan mereka semakin terpuruk  dalam kemalangan,mudah menyerah dalam arti menyerah terhadap terjadinya kegagalan –kegagalan.
                2,CAMPERS
                Orang yang mudah puas dari apa yang sudah dicapai sehingga kehidupan mereka biasa –biasa saja,memang manusia tidak boleh serakah dianjurkan untuk selalu bahagia dengan pencapaian –pencapaiannya.
                3.CLIMBERS
                Orang – orang yang selalu optimistis berpikir positif dan terus semangat sampai benar – benar mendapatkan yang mereka inginkan kalau anda mau mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dan tidak hanya sekedar  puas dalam arti yang sangat sempit  seperti  kelompok orang kedua diatas maka anda harus menjadi orang yang senantiasa optimis berpikir maju dan terus maju.
                Dari ketiga  analisis diatas hanya kelompok  ketigalah  yang mampu  menjadi orang besar  di tengah  kesukarannya melawan keseganasan hidup ini.
                Menurut ilmu psikologis kebiasaan diawali dari persepsi,karena  persepsi akan mempengaruhi sikap,bahwa sikap yang  diulang- ulang menjadikan perilaku,begitu juga perilaku yang diulang –ulang  akan menjadikan karakter,sedangkan kebiasaan itu adalah karakter yang diulang – ulang.
DAFTAR  PUSTAKA

WAHYUDI ZAHID.2009.Gagal itu biasa dalam hidup untuk melawannya anda butuh cara luar biasa.Yogya karta:Garailmu.

0 comments:

Post a Comment