KECANDUAN
GAME ONLINE
NAMA : GACITA PURYO SAFITRI
NIM :
16.310.410.1144
PSIKOLOGI SOSIAL
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi seakan tidak pernah berhenti menghasilkan produk-produk teknologi
yang tidak terhitung jumlah nya. Salah satu produk teknologi yang setiap waktu
di gemari di kalagan remaja saat ini adalah video games atau bisa di sebut
dengan game online. Video games atau game online adalah salah satu produk
teknologi yang memiliki manfaat sebagai hiburan tertentu saja.
Pada
saat ini, banyak remaja yang belum memiliki teknologi game online di rumahnya,
tetapi sudah tersedia di warung-warung internet (warnet) yang menyediakan
fasilitas game online. Kondisi ini membuat remaja menjadi lebih mudah untuk
bermain game dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal waktu, yang akhirnya
menyebabkan remaja menjadi kecanduan atau ketergantungan (syahran,2014).
Di indonesia, fenomena bermain game
sudah banyak melibatkan remaja. Game online mendapatkan sambutan yang sangat
luar biasa, terutama bagi remaja. Kecanduan game online sebagai gangguan psikis
yang sering tidak di akui keberadaannya yang mempengaruhi kemampuan penggunanya
yang dapat menyebabkan masalah relasional, pekerjaan dan sosial dimana telah
membuat anak mulai kehilangan batas waktu penting dalam kehidupannya.
Menghabiskan sedikit waktu untuk keluarga dan mengabaikan hubungan sosial
dengan temna-temannya dan akhirnya kehidupannya jad tidak terkendali karena
internet termasuk game online telah mengambil alih pikirannya (young,2007).
Aspek ketergantungan game online
yang dirasakan oleh mahasiswa, kebiasaan berkomunikasi secara langsung menjadi
tergantikan oleh interaksi yang hanya terjadi didunia maya. Ini adalah efek
karena terlalu sering bermain game sehingga anak lupa akan kehidupan nyata.
Dampak perilaku kecanduan game
online yang terlalu sering akan menimbulkan perilaku si anak berusaha meniru
keadaan dirinya sesuai dengan game yang di gemarinya, seperti pada game Point
Blank dan Counter strike,dimana format permainannya perang dan kekerasan. Hal
ini dapat menddidik anak menjadi keras kepala, susah mendengar siapa saja
bahkan orang tua, asosial. Jika bermain game, si anak akan lupa waktu, menjadi
kurang bergaul dengan teman-teman dan lebih aktif dengan teman dunia maya dalam
bermain game.
DAFTAR
PUSTAKA
Syahran(2014),
ketergantungan online game. Jurnal
psikologi pendidikan dan konseling, vol.1(1.
0 komentar:
Posting Komentar