15.4.17

KECANDUAN GAME ONLINE



KECANDUAN GAME ONLINE
NAMA  : GACITA PURYO SAFITRI
NIM     : 16.310.410.1144
PSIKOLOGI  SOSIAL
                Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seakan tidak pernah berhenti menghasilkan produk-produk teknologi yang tidak terhitung jumlah nya. Salah satu produk teknologi yang setiap waktu di gemari di kalagan remaja saat ini adalah video games atau bisa di sebut dengan game online. Video games atau game online adalah salah satu produk teknologi yang memiliki manfaat sebagai hiburan tertentu saja.
            Pada saat ini, banyak remaja yang belum memiliki teknologi game online di rumahnya, tetapi sudah tersedia di warung-warung internet (warnet) yang menyediakan fasilitas game online. Kondisi ini membuat remaja menjadi lebih mudah untuk bermain game dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal waktu, yang akhirnya menyebabkan remaja menjadi kecanduan atau ketergantungan (syahran,2014).
            Di indonesia, fenomena bermain game sudah banyak melibatkan remaja. Game online mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa, terutama bagi remaja. Kecanduan game online sebagai gangguan psikis yang sering tidak di akui keberadaannya yang mempengaruhi kemampuan penggunanya yang dapat menyebabkan masalah relasional, pekerjaan dan sosial dimana telah membuat anak mulai kehilangan batas waktu penting dalam kehidupannya. Menghabiskan sedikit waktu untuk keluarga dan mengabaikan hubungan sosial dengan temna-temannya dan akhirnya kehidupannya jad tidak terkendali karena internet termasuk game online telah mengambil alih pikirannya (young,2007).
            Aspek ketergantungan game online yang dirasakan oleh mahasiswa, kebiasaan berkomunikasi secara langsung menjadi tergantikan oleh interaksi yang hanya terjadi didunia maya. Ini adalah efek karena terlalu sering bermain game sehingga anak lupa akan kehidupan nyata.
            Dampak perilaku kecanduan game online yang terlalu sering akan menimbulkan perilaku si anak berusaha meniru keadaan dirinya sesuai dengan game yang di gemarinya, seperti pada game Point Blank dan Counter strike,dimana format permainannya perang dan kekerasan. Hal ini dapat menddidik anak menjadi keras kepala, susah mendengar siapa saja bahkan orang tua, asosial. Jika bermain game, si anak akan lupa waktu, menjadi kurang bergaul dengan teman-teman dan lebih aktif dengan teman dunia maya dalam bermain game.
DAFTAR PUSTAKA
Syahran(2014), ketergantungan online game. Jurnal psikologi pendidikan dan konseling, vol.1(1.

0 comments:

Post a Comment