15.4.17

artikel : HINDARI BERBOHONG SEBELUM KECANDUAN



ARTIKEL : HINDARI BERBOHONG SEBELUM KECANDUAN


NIKEN LARASATI
16.310.410.1135
PSIKOLOGI UMUM II

Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pasti pernah yang namanya berbohong. Apa yang membuat seseorang berbohong? Banyak sekali alasan dibalik kebohongan yang dilakukan oleh seseorang yang semua itu mungkin dilakukannya dengan ataupun tanpa disengaja. Salah satu contohnya,  seorang anak yang berbohong kepada orang tuanya agar tidak kena marah karena anak tersebut pulang sekolah tidak tepat waktu.
Kebohongan ialah suatu perbuatan yang tidak benar, yang dilakukan seseorang secara sadar. Pada umumnya perbuatan tersebut mengakibatkan orang lain tertipu. Kebohongan adalah jenis penipuan dalam bentuk pernyataan yang tidak benar, terutama dengan maksud untuk menipu orang lain, seringkali dengan niat lebih lanjut untuk menjaga rahasia atau reputasi, perasaan melindungi seseorang atau menghindari hukuman atau tolakan  untuk satu tindakan.
Seseorang yang biasa melakukan kebohongan akan cenderung akan mengulanginya. Apalagi dalam keadaan tertentu yang membuat dirinya merasa tidak nyaman. Misalnya saja, ketika siswa telat ke Sekolah. Ada kemungkinan siswa itu akan berbohong pada gurunya dengan berbagai alasan. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga siswa itu mengatakan kejujuran. Hal tersebut dilakukannya dengan tujuan menghindari hukuman dari sang guru. Dan ketika sang guru percaya dengan alasan yang diberikan siswa, maka siswa sangat mungkin mengulangi kebohongan pada hari berikutnya jika ia terlambat ke Sekolah lagi.
Kebohongan yang dilakukan seseorang secara terus menerus dapat mengakibatkan orang tersebut kecanduan. Selalu dan selalu akan diulang apabila sudah menjadi suatu kebiasaan dan akan sulit atau membutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkan kebiasaan itu.
Akibat dari kebohongan yang dilakukan seseorang apabila sudah banyak orang lain yang mengetahuinya akan besar kemungkinannya orang yang berbohong tersebut sulit dipercaya kembali oleh orang-orang disekelilingnya meskipun orang tersebut sudah mengatakan hal yang benar.
HATI-HATI KECANDUAN BERBOHONG !!!
Sumber :
http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-arti-kebohongan/

0 comments:

Post a Comment