14.4.17



Pandangan Psikologi Tentang Kesurupan
By : Yusuf Wardana
(163104101130)

Sebagian masyarakat indonesia percaya akan keberadaan makhluk halus atau alam gaib. Kepercayaan ini di perkuat dengan budaya-budaya setempat yang diwariskan oleh leluhur atau nenek moyang secara turun temurun. kesurupan merupakan salah satu kepercayaan adanya gangguan makhluk gaib. Masyarakat beranggapan bahwa kesurupan yaitu gangguan makhluk gaib yang merasuk pada tubuh manusia sehingga bisa merubah tingkah laku manusia menjadi yang aneh.
Dalam psikologi kesurapan lebih dikenal dengan istilah transdisosiatif. Transdisosiatif  adalah gangguan yang menunjuk adanya kehilangan sementara aspek penghayatan akan identitas diri dan kesadaran terhadap lingkunganya, dalam beberapa kejadian individu tersebut seakan-akan dikuasai oleh kepribadian lain, kekuatan gaib, malaikat atau “kekuatan lain”  ( muslim, 2002.282). transdisosiatif sering atau biasanya terjadi pada wanita usia muda sampai dengan dewasa awal. Hal itu disebabkan karena wanita lebih suggestible atau lebih mudah dipengaruhi dibanding laki-laki. Orang yang suggestible ini lebih beresiko untuk disosiasi atau juga menjadi korban kejahatan hipnotis. hal itu juga didukung dalam masa itu wanita penuh dengan storm dan distress yang didasari karena konflik yang menyebabkan stress emosional.
Transdisosiatif disebabkan oleh beberapa factor diantaranya : lemahnya system saraf, stress ( tekanan mental) , penggunaan defence mechanism yang negative atau keliru, sehingga menimbulkan semakin banyak kesulitan, kondisi tubuh yang tidak menguntungkan misalnya sakit, lemah, lelah, gangguan pikiran dll.
Menurut kartono (1981 : 87) penderita transdisosiatif pada umumnya mereka sangat egoistis dan selfish (semau-mau gue), selalu mengharap pujian-pujian, sangat suggestible, sangat sensitive terhadap pendapat orang lain, memiliki emosi-emosi yang kuat, memiliki rasa suka dan tidak suka yang kuat dan penilaianya sangat dipengaruhi oleh perasaan.
Kesimpulan
Dalam ilmu psikologi kesurupan bukanlah gangguan makhluk ghoib yang merasuk pada tubuh manusia, melainkan merupakan fenomena psikologis. Hal ini bisa terjadi karena kesadaran orang penderita kesurupan ( transdisosiatif) melemah dan menyebabkan kondisi bawah sadar naik. karena itu fenomena kesurupan tidak perlu ditakuti atau dianggap mistis. Oleh sebab itu sudah saatnya kita mengubah persepsi yang ada di masyarakat untuk melakukan penanganan kepada mereka yang menderita kesurupan secara manusiawi.
Sumber : SAP kesehatan mental “transdisosiatif”

0 comments:

Post a Comment