15.4.17

Move On dari Sampah?

Oleh Nurul Hidayah (153104101104)
Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

            Ketika kita ingin melupakan sesuatu pasti kita harus move on agar kita tak pernah lagi mengingatnya karena kita tahu bahwa dengan move on itu akan berdampak baik untuk diri kita dan juga orang disekitar kita.
Namun bagaimana kabarnya dengan sampah? Bisakah kita move on darinya dan berusaha untuk melupakannya begitu saja? Sedangkan kita tahu dan faham betul sampah menjadi sebuah masalah yang tak ada habisnya dan berdampak buruk terhadap kehidupan kita. Bukti nyatanya adalah sampah yang tidak dikelola dengan baik mengakibatkan banjir seperti di ibu kota.
Lalu saat kita mengetahui bukti nyata yang telah terjadi, mampukah kita move on dari sampah tersebut? Mampukah kita tutup mata dengan adanya sampah yang tidak dikelola dengan baik? Dan apakah kita harus merasakan bukti nyata dari tidak dikelolanya sampah dengan baik itu baru kita akan bertindak?
Tidak, sampah itu sesegera mungkin harus dikelola dengan baik dan ditangani dengan tepat agar nantinya tidak ada tempat-tempat lain yang akan menyusul ibu kota sebagai kota yang berlangganan banjir disetiap tahunnya.
Bagaimanakah mengelolanya? Banyak cara untuk mengelola sampah-sampah yang ada di indonesia. Salah satunya adalah dengan bank sampah, bank sampah ini memiliki sistem dimana kita harus menabung sampah sebagai bentuk deposit kita. Semua jenis sampah bisa kita berikan kepada bank sampah.
Dan nantinya, bank sampahlah yang akan mengelola sampah-sampah tersebut sesuai dengan cara daur ulang masing-masing sampah itu. Jadi tak perlu khawatir lagi ketika kita memiliki sampah dan bingung untuk mengelolanya, karena ada bank sampah yang siap untuk menampung dan mengolahnya.



1 comment: