21.4.17

MOTIVASI KERJA

MOTIVASI KERJA
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Psikologi Industri dan Organisasi
                                                     


            Ninda Heru Kusumawati mahasiswa jurusan bidan disalah satu stikes di Jogja, Ninda termasuk mahasiswa yang sangat suka bermain gadget. Awalnya permainan gadget Ninda hanya untuk kesenangan dirinya sendiri. Ninda memakai gadgetnya hanya untuk facebook, BBM, Instagram yang menyangkut sosial media namun setelah melihat salah temannya yang bisa memanfaatkan gadgetnya sekaligus mendapatkan penghasilan, Ninda mulai tertarik. Ninda kemudian belajar dengan temannya cara agar dapat menghasilakan duit atau istilah sekarang olshop (Online Shopping).
            Olshop ternyata tak semudah yang dibayangkan Ninda, dari yang harus mencari pertemanan di media sosialnya terus mencari orang-orang yang lebih suka  belanja melalui olshop daripada datang ketempat langsung. Ninda pun kadang menyerah tidak ingin melanjutkan olshopnya bahkan Ninda sudah sempat meninggalkannya walaupun Ninda kembali lagi. Akhirnya Ninda mendapat beberapa pembeli olshopnya Ninda sangat senang. Setelah Olshopnya sudah banyak pembeli Ninda juga menambah jenis produk dari yang pertama olshop baju, make up hingga alat rumah tangga.
             Disaat olshopnya sedang maju Ninda mendapat musibah yaitu Ayah yang paling dekat dengannya meninggal karna kecelakaan. Ninda sangat sedih dan tidak terima dengan apa yang menimpanya, kecewa dan kemarahan Ninda belum selesai orang yang menabrak ayahnya yaitu anak yang masih duduk di SMK dilaporkan kepolisi bahka Ninda meminta kesekolah anak tersebut agar mengeluarkannya dari SMK, itu semua dialakukan agar ayahnya tenang disana, kata Ninda. Kejadian tersebut membuat Ninda melupakan olshopnya sampai berbulan-bulan.
           Setelah kejadian itu Ninda berfikir sudah tidak ada lagi yang mencarikan uang untuk keluarga, sementara itu Ninda memiliki Ibu dan Adeknya yang masih berusia 5 tahun yang sebentar lagi harus masuk sekolah TK. Ninda berniat ingin kualiah sampil kerja namun tidak bias karna jam kuliahnya pagi sampai sore dan itu setiap hari. Lalu Ninda pun melanjutkan olshopnya yang kemaren sempat di tinggalkan beberapa bulan. Ternyata saat ninda tertimpa musibah, pembelinya sudah pindah membeli baju, make up ditempat lain. Akhirnya Ninda merintis olshopnya dari awal lagi demi untuk mengurangi beban ibunya. Setidaknya Ninda membayar kuliah dengan uang sendiri, sementara gaji Ibunya sebagai guru bias untuk membiayai sekolah adiknya.
           “Alhamdulillah” sekarang Ninda membayar kuliahnya dengan hasil jualan olshopnya dan ditambah mendapat beasiswa dari salah satu perusahan yang kerja sama dengan kampusnya. Penghaslan Ninda sebulan kurang lebih 1.500.000 dari jualan olshopnya. Sebagian uang buat bayar kuliah dan sisanya buat bayar kos dan makan, kalau ada lebihan sedikit uangnya Ninda simpan dengan tujuan kalau sewaktu-waktu Ninda atau keluarga membutuhkannya.
              Kesimpulan : Dibalik kejadian yang tidak menyenangkan dihidup Ninda, Ninda dapat menjadi lebih dewasa. Lebih dapat berfikir dan menata rencana dikedepannya, tanggung jawab dan lebih perduli dengan orang tuannya.

0 comments:

Post a Comment