15.4.17

MENGENAL SEDIKIT SISTEM PENGOLAHAN IINFORMASI MANUSIA (memori)


MENGENAL SEDIKIT SISTEM PENGOLAHAN INFORMASI MANUSIA(MEMORI)
ASEP SINGGIH WIJANARKO (16.130.140.1158)
PSIKOLOGI UMUM II
            Manusia setiap harinya mendapatkan berbagai  informasi, infomasi tersebut bisa dalam bentuk pembelajaran serta pengethuan yang baru, entah itu ilmu baru,pengalaman baru dan bahkan kenagan yang baru entah itu menyenagkan atau bahkan menyedihkan.
           Agar dapat menyimpan semua informasi pengalaman dan pengetahuan yang didapat manusaia memerlukan “suatu sistem pengoloahan informasai” yang disebut “MEMEORI”.  secara sederhana memeori  dapat di pahami sebagai kemampuan untuk menyimpan informasis sehingga dapat digunakan lagi di masa yang akan datang.
          Proses penyimpanan memori pada manusia diawal dari informasai yang diterima dari semua indra akan di ubah bentuknya sedemikian rupasehingga dapat di simpan dalam otak. Informasai diubah dalam bentuk simbol-simbol atau gelombang – gelombang listrik yang sesuai dengan peringkat yang ada pada organisme di sebut: enconding.
         Setelah proses  enconding ’’proses pengubahan informasi dalamn bentuk  simbol-simbol’’,baru dapat dilakukan proses penyimpana atau “retensi” dan “storage”. Informasi  yang sudah tersimpan di dalam memori,tentu harus bisa di pangil kembali, inilah yang di sebut proses retrival.  Apa bila informasi yang telah tersimpan tidak dapat di panggil kembali maka terjadilah proses yang di sebut “LUPA”.
         Memang agar individu bisa mengunakan informasi yang telah ia dapatkan dibutuhkan proses pengulangan terhadap informasai-informasi  tersebut. Apalagi jika informasi tersebut merupakan ilmu pengetahuan maka harus terus di pelajari berulang-ulang agar informasi tersebut tidak terjadai keadaan”lupa”  karna informasai tersebut tidak begitu akarab dengan ingatan kita dan tidak dapat di panggil kembali.

DAFTAR PUSTAKA:  Irwanto dkk. 1994.psikologi umum,buku panduan mahasiawa. jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

0 comments:

Post a Comment