16.4.17

Membuat Sampah Menjadi Lebih Indah

Membuat Sampah Menjadi Lebih Indah
Oleh : Siti Asmaul Husna
(153104101111)
Psikologi Lingkungan

Sampah adalah kotoran atau barang – barang bekas yang tidak terpakai. Kebanyakan dari kita menganggap sampah itu adalah suatu hal yang kotor atau menjijikan, padahal sebagian dari sampah itu bisa kita manfaatkan. Misalnya sampah yang mudah membusuk dapat kita gunakan sebagai pupuk, sedangkan sampah – sampah plastik atau botol –botol bekas bisa kita daur ulang sebagai kerajinan tangan.
Daun – daun yang membusuk yang dapat menyebabkan bau tidak sedap, dapat kita gunakan sebagai pupuk kompos untuk tanaman – tanaman kita yang akan menyegarkan lingkungan. Sedangkan botol – botol plastik dapat kita ubah menjadi hiasan – hiasan yang dapat mengindahkan ruangan. Banyak hal yang dapat kita manfaatkan, karna bahkan dari kerajinan tangan itu dapat kita perjual belikan dengan harga yang semestinya.
Pemberdayaan limbah ini bukan hanya sekedar strategi untuk menciptakan lingkungan sehat, namun juga sangat membantu untuk mendongkrak perekonomian warga. Sudah menjadi komitmen pemerintah daerah kerang tengah soal lingkungan menjadi prioritas utama, salah satunya dengan pengelolahan sampah dan mengembangkan tanaman keluarga juga pupuk ramah lingkungan, (KR, hal 6, 14 des 2016)
Ketika persoalan sampah itu teratasi, maka lingkungan sehat akan kita nikmati, karena polusi akan dapat kita kurangi secara perlahan. Bahkan juga bisa menjadi sumber uang dan juga lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan.
Sumber :

App. ( 14 Desember 2016 ). Berdayakan Masyarakan Lewat Daur Ulang Sampah. Kedaulatan Rakyat. (6).

0 comments:

Post a Comment