16.4.17

Membakar Yang Bernilai

Membakar Yang Bernilai
Oleh : Siti Asmaul Husna
(153104101111)
Psikologi Lingkungan

Asap selalu memberi polusi pada udara yang setiap saat kita hirup, membuat hidung, tenggorokan, bahkan dada kita terasa tidak nyaman. Lalu bagaimana dengan mereka yang setiap harinya menghirup asap, yang bahkan mereka rela membayarnya dengan mahal. Lembaran yang mereka cari mati – matian yang kemudian mereka gadaikan hanya untuk beberapa hisapan. Yaa, rokok memang selalu memberikan candu bagi setiap penikmatnya untuk terus menghisap lagi, lagi, dan lagi.
Di Lampung, masyarakat yang merokok lebih banyak dibandingkan di papua, karna di papua ada komunitas yang mengajak menjauhi rokok dengan alasan meracuni tubuh. Lalu untuk apa orang merokok? Ada yang menjawab sebagai sarana bergaul, dan mencari inspirasi.(Kompas, 14 Desember 2016)
 Namun apa manfaat rokok? Kenapa banyak orang yang rela bekerja keras mencari uang, kemudian membakarnya hanya untuk beberapa hisapan. Lalu bagaimana dengan tubuh yang setiap harinya mereka pergunakan? Mengapa mereka sebegitu santainya menghisap zat yang sudah jelas akan meracuni tubuhnya.
Berhenti merokok memang bukan suatu hal yang mudah, karna mungkin mereka akan merasakan suatu yang hilang. Akan tetapi bukankah kita dapat mengisinya dengan sesuatu hal yang lain, karna banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk dapat mengalihkannya.

Sumber :

App. (14 Desember 2016). Berhenti Merokok. Kompas. (7).

0 comments:

Post a Comment