15.4.17

KUNJUNGAN KE RSJ GRHASIA PAKEM, YOGYAKARTA



ARTIKEL : KUNJUNGAN KE RSJ GRHASIA PAKEM, YOGYAKARTA


NIKEN LARASATI
16.310.410.1135
PSIKOLOGI UMUM II

Observasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 13 April 2017, mulai dari pukul 07.30-12.00 WIB.  di RSJ Grhasia Pakem, Yogyakarta, tepatnya di Jl. Kaliurang Km.17 Yogyakarta. Adapun Wisma yang di observasi yaitu Wisma Srikandi.
 Pertama kali saya datang ke RSJ Grhasia adalah ingin melihat secara langsung mengenai RSJ tersebut.
Dalam tugas ini, saya melakukan observasi dan wawancara terhadap pasien yang saya jumpai di bangsal tersebut. Pada saat itu saya menuju ke Wisma Srikandi dengan harapan saya melihat pasien yang ada di dalam Wisma tersebut. Ketika memasuki ruangan saya merasa sedih dan kasihan. Karena, yang ada di ruangan tersebut tidak hanya orang dewasa, tetapi  ada juga  yang masih remaja.
Saya pikir peranan para dokter dan psikolog sangatlah diperlukan dalam penanganan pasien yang ada di sana. Selain pengobatan juga pendekatan pada pasien. Wisma Srikandi ini merupakan salah satu wisma yang ada di RSJ tesebut. Wisma Srikandi di huni lebih dari 10 orang, dengan usia berkisar 15-35 tahun. Dalam wisma ini ada beberapa pasien yang perilakunya berbeda-beda, dan dalam wisma ini juga di bagi menjadi dua ruangan. Ruangan pertama untuk pasien yang bisa dikatakan sudah mandiri, sedangkan ruangan yang kedua untuk pasien yang masih perlu di bimbing.
Dalam benak saya semoga para pasien yang ada di RSJ tersebut mendapatkan pengobatan, pendekatan dengan baik dan semoga cepat sembuh, sehingga bisa cepat pulang dan berkumpul dengan keluarga masing-masing. Dalam observasi kali ini, saya mengamati perilaku beberapa pasien yang ada di Wisma Srikandi, yaitu :

1.      Banyak bicara/suka bercerita
2.      Diam saja/menyendiri
3.      Halusinasi pendengaran
4.      Lemas
5.      Cemas/khawatir

Dalam Wisma Srikandi ini ada beberapa pasien yang sudah bisa berkomunikasi dengan baik, sehingga memudahkan saya dalam melakukan observasi. Menurut pengamatan selama observasi, pasien yang ada di wisma Srikandi ada beberapa yang suka bercerita tentang apa yang membuat pasien senang, baik tentang keluarga maupun  temannya. Beberapa juga mampu mengungkapkan perasaan atau pun keinginan kepada petugas yang ada.
      Dalam observasi kali ini banyak sekali informasi dan manfaat yang didapatkan oleh para mahasiswa di RSJ tersebut. Karena mahasiswa dapat menerapkan teori yang didapat pada perkuliahan dalam praktik pendekatan dengan pasien.
Kesimpulan :
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dengan  lingkungan sekitarnya. Tugas psikolog adalah memberikan pendekatan kepada pasien yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ). “Pribadi yang sehat secara fisik belum tentu sehat secara mental”.

0 comments:

Post a Comment