14.4.17

KEKERASAN SEKSUAL ANAK

KEKERASAN SEKSUAL ANAK

PENGARANG : Septiana Abidin
NIM                 : 16.310.410.1147
             Maraknya pemberitaan di media massa mengenai kekerasan seksual terhadap anak cukup membuat masyarakat terkejut. Kasus kekerasan seksual terhadap anak masih menjadi fenomena gunung es. Hal ini disebabkan kebanyakan anak yang menjadi korban kekerasan seksual enggan melapor. Karena itu, sebagai orang tua harus dapat mengenali tanda-tanda anak yang mengalami kekerasan seksual. Kekerasan seksual terhadap anak akan berdampak panjang, di samping berdampak pada masalah kesehatan di kemudian hari, juga berkaitan dengan trauma yang berkepanjangan, bahkan hingga dewasa. Dampak trauma akibat kekerasan seksual yang dialami oleh anak-anak, antara lain: pengkhianatan atau hilangnya kepercayaan anak terhadap orang dewasa, trauma secara seksual, merasa tidak berdaya, dan stigma. Secara fisik memang mungkin tidak ada hal yang harus dipermasalahkan pada anak yang menjadi korban kekerasan seksual, tapi secara psikis bisa menimbulkan ketagihan, trauma, bahkan pelampiasan dendam. Bila tidak ditangani serius, kekerasan seksual terhadap anak dapat menimbulkan dampak sosial yang luas di masyarakat. Penanganan dan penyembuhan trauma psikis akibat kekerasan seksual haruslah mendapat perhatian besar dari semua pihak yang terkait, seperti keluarga, masyarakat maupun negara. Oleh karena itu, didalam memberikan perlindungan terhadap anak perlu adanya pendekatan sistem, yang meliputi sistem kesejahteraan sosial bagi anak-anak dan keluarga, sistem peradilan yang sesuai dengan standar internasional, dan mekanisme untuk mendorong perilaku yang tepat dalam masyarakat.

Kekerasan seksual anak adalah peristiwa yang sangat memperihatinkan. Dimana masa anak-anak adalah masa anak masih penuh kasih sayang,belajar pendidikan dan berimajianasi dengan dunia nya, namun terganggu dengan ada nya kekerasan seksual yang seharusnya anak tidak mengalaminya. Pemahaman anak tentang seksualitas pada usia dini pun belum dijelaskan secara detail. Nasib anak yang sudah mengalami kekerasa seksual dini ia tidak akan pernah bisa melupakan kejadian ini karna pada usia dini memori ingatan anak sangat kuat.
            Contoh kekerasan seksual anak: Pada bulan maret lalu, di suatu daerah yoyakarta terjadi kekerasan seksual anak TK yang diperkosa oleh ayah tirinya.Kejadian ini terungkap setelah sang ibu curiga pada kemaluan anaknya sakit,begitu kejam sang ayah tiri di usia anaknya yang masih sangat dini sang ayah sudah tega untuk mencabuli anaknya karna permasalahan ekonomi.


DAFTAR PUSTAKA
            Maslihah, Sri. (2006). “Kekerasan Terhadap Anak: Model Transisional dan Dampak Jangka Panjang”. Edukid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.I (1).25-33.



0 komentar:

Posting Komentar