16.4.17

Hijau Yang Memukau
Oleh : Siti Asmaul Husna
(153104101111)
Psikologi Lingkungan

 Penghijauan adalah sumber nafas kita yang tidak seharusnya kita abaikan begitu saja. Seperti halnya jantung yang memompa darah, tanaman memberikan kita kehidupan yang selalu kita hirup pada setiap celah. Sudah seharusnya kita menjaga, merawat dan melestarikannya, agar bukan hanya kehidupan, akan tetapi juga keindahan yang dapat kita rasakan. Namun kenyataan yang terjadi sekarang ini, banyak sekali pohon – pohon yang di tebang, hutan kebakaran, juga lahan – lahan pertanian yang di jadikan bangunan – bangunan tanpa penghijauan. Penghijauan yang berkurang, serta kendaraan – kendaraan yang bertambah, membuat ketidakseimbangan lingkungan yang kita tempati.
Reboisasi yang seharusnya kita lakukan sekarang ini, tidak selalu berjalan di semua tempat, juga tidak selalu berjalan sesuai yang kita harapkan. Karna di beberapa tempat ada yang menanam, namun ada juga yang merusak, bukan malah menjaga dan merawatnya. Tidak semua warga peduli dan sadar betapa pentingnya tanaman itu buat kehidupan kita. Banyak sekali tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab yang dengan seenaknya merusak keindahan hutan.
Keanekaan hayati adalah harta tersembunyi yang tidak dimiliki oleh semua negara. Beragam jenis tumbuhan, hewan, bakteri, dan lain – lain berpotensi besar dikembangkan sebagai bahan obat, sumber pangan , dan material canggih. Jenis – jenis tersebut yang sebagian besar tersimpan di dalam hutan yang keberadaannya berhubungan erat dengan penyediaan jasa lingkungan. Seperti pengaturan tata air dan perlindungan tanah. Sayangnya, masih banyak jenis hayati yang belum terdokumentasi sehingga upaya penemuan jenis baru dan penggalian potensinya beradu cepat dengan laju kehilangan hutan. (Kompas, 14 Desember 2016)

Sumber :

App. (14 Desember 2016). Perhutanan Sosial Dan Upaya Konservasi.  Kompas. (6).

0 comments:

Post a Comment